Harus Tahu! Begini Cara Cek Garansi Xiaomi Resmi atau Distributor

Harus Tahu! Begini Cara Cek Garansi Xiaomi Resmi atau Distributor

Dari waktu ke waktu, pengguna HP Xiaomi di Indonesia semakin bertambah banyak. Setiap bulannya, Xiaomi selalu merilis smartphone terbaru yang selalu dinanti-nantikan. Dengan harga yang terjangkau, Xiaomi menjadi sangat diminati oleh masyarakat Indonesia.

Namun, tidak semua produk Xiaomi yang dijual di Indonesia merupakan produk resmi. Banyak seller yang mengimpor langsung dari China, sehingga banyak konsumen yang tidak mendapatkan garansi resmi Xiaomi Indonesia. Selain itu, ada juga HP Xiaomi dengan garansi distributor yang notabennya bukan produk resmi.

Tidak semua tipe HP Xiaomi dipasarkan di Indonesia. Hal ini menyebabkan banyaknya seller yang mengimpor langsung dari luar negeri dengan garansi internasional. Jika seller tersebut amanah, biasanya akan membantu dalam mengurus garansi apabila terjadi kerusakan pada smartphone. Namun, garansi kerusakan ini hanya berlaku di negara tempat pembelian, sehingga tidak bisa melakukan klaim garansi di service center Xiaomi Indonesia.

Klaim garansi hanya bisa dilakukan untuk semua HP yang dijual secara resmi di Indonesia. Oleh karena itu, disarankan untuk membeli HP Xiaomi dengan garansi TAM yang merupakan garansi resmi dari Xiaomi Indonesia. Bagaimana cara cek garansi Xiaomi resmi? Untuk caranya, bisa disimak ulasan berikut ini.

Baca juga : Cara Flash HP Xiaomi Terbaru untuk Semua Tipe

Cara Cek Garansi Xiaomi Resmi

Pada artikel ini, saya akan membagikan cara untuk memeriksa garansi resmi Xiaomi. Tutorial ini dapat digunakan untuk semua tipe HP Xiaomi. Berikut adalah panduannya.

1. Cek Garansi Xiaomi Melalui Dusbook

Ada beberapa cara untuk mengetahui apakah HP Xiaomi memiliki garansi resmi atau tidak. Cara yang paling mudah adalah dengan melihat informasi garansi pada dusbooknya. Jika terdapat logo TAM pada dusbook, itu menandakan bahwa garansi tersebut resmi. TAM merupakan distributor resmi Xiaomi di Indonesia.

Namun, pastikan bahwa dusbook HP Xiaomi yang Anda beli bukanlah dusbook palsu. Ini sering terjadi jika Anda membeli HP Xiaomi bekas. Untuk memastikan keasliannya, Anda dapat memeriksa nomor IMEI yang tercantum pada dusbook dengan nomor IMEI pada smartphone.

Untuk mengecek IMEI pada HP Xiaomi, buka menu panggilan dan ketikkan *#06#. Secara otomatis, akan muncul pop-up yang berisi informasi nomor IMEI HP Xiaomi. Selanjutnya, cocokkan nomor IMEI pada HP dengan nomor IMEI yang tertera di dusbook. Jika sama, itu berarti dusbook tersebut asli.

Selain garansi TAM, HP Xiaomi yang dijual di Indonesia juga tersedia dengan garansi Bless dan Platinum. Namun, garansi ini bukanlah garansi dari distributor resmi, sehingga jika ada masalah, Anda harus menghubungi langsung pihak Bless dan Platinum, yang prosesnya mungkin lebih rumit dan memakan waktu.

Baca juga : Cara Mengatasi This Device Is Locked Xiaomi

2. Cek Garansi Xiaomi Lewat IMEI

Selanjutnya, Anda dapat memeriksa garansi Xiaomi menggunakan kode IMEI. IMEI adalah kode identifikasi untuk produk smartphone yang menunjukkan bahwa produk tersebut resmi. Dengan nomor IMEI, Anda dapat memeriksa garansi HP Xiaomi.

Jika Anda tidak tahu nomor IMEI HP Xiaomi yang Anda gunakan, Anda dapat memeriksanya melalui panggilan, dengan mengetikkan kode dial *#06#. Secara otomatis, akan muncul pop-up yang berisi informasi nomor IMEI. Catat nomor tersebut.

Kemudian, buka web browser di HP Anda dan kunjungi halaman website https://imei.kemenperin.go.id. Pada halaman yang muncul, masukkan nomor IMEI yang telah Anda catat sebelumnya pada kolom yang tersedia.

Jika HP Anda resmi dari distributor Xiaomi Indonesia, maka akan muncul keterangan bahwa IMEI sudah terdaftar.

3. Cek Garansi Xiaomi Menggunakan Kode Rahasia

Selanjutnya, Anda dapat mengetahui kapan pertama kali HP Xiaomi Anda diaktifkan, mulai dari tanggal dan tahun. Dengan demikian, Anda dapat menentukan apakah garansi Xiaomi masih berlaku atau tidak. Berikut langkah-langkahnya yang dapat Anda ikuti:

  • Buka menu Telepon di HP Xiaomi Anda.
  • Ketik kode UMB #12580369#.
  • Akan muncul keterangan mengenai AP, CP, CSC, RF Cal, dan HW Rev.
  • Perhatikan bagian RF Cal yang menunjukkan tahun, bulan, dan tanggal pertama kali HP diaktifkan.

4. Cek Garansi Xiaomi Secara Online

Cara terakhir untuk memeriksa garansi Xiaomi dapat dilakukan secara online. Prosedurnya hampir mirip dengan yang sebelumnya, namun dengan alamat situs web yang berbeda.

Langsung saja buka situs http://buy.mi.com/id/registration menggunakan Chrome atau web browser lainnya. Setelah masuk ke halaman situs web, Anda dapat memasukkan nomor IMEI pada kolom yang tersedia dan kemudian klik tombol pencarian.

Tunggu sampai proses selesai. Jika sudah, halaman situs web akan menampilkan informasi mengenai negara tempat produk dibeli, dalam hal ini Indonesia.

Selanjutnya, informasi akan mencantumkan waktu produksi dan aktivasi HP tersebut. Informasi ini dapat menjadi penanda apakah garansi pada HP tersebut masih berlaku atau telah habis. Xiaomi memberikan garansi maksimal selama 1 tahun.

Baca juga : Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Bisa Merekam Video

Akhir Kata

Demikianlah cara mudah dan praktis untuk memeriksa garansi HP Xiaomi. Dengan langkah-langkah di atas, Anda dapat mengetahui apakah smartphone yang Anda miliki memiliki garansi resmi atau garansi distributor. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi pengguna smartphone Xiaomi.