Cara Buka Rekening BCA 2023 Secara Online dan Persyaratannya

Cara Buka Rekening BCA Online

Ketika seseorang berkeinginan menabung, langkah pertama yang perlu diambil oleh seorang nasabah adalah melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Pendaftaran ini diperlukan agar mereka dapat menabung di bank atau lembaga keuangan yang menjadi tujuan mereka.

Setiap bank terus mengalami perkembangan dan berinovasi untuk meningkatkan kualitas layanannya, termasuk peningkatan dalam aspek keamanan dan kemudahan.

Salah satu kemudahan yang ditawarkan oleh perkembangan bank adalah proses pendaftaran online. Dengan kata lain, seseorang tidak lagi perlu mengunjungi kantor bank secara langsung untuk mendaftar, melainkan dapat melakukannya dari kenyamanan rumah mereka.

Syarat Buka Rekening BCA

Hampir seluruh bank menerapkan persyaratan untuk membuka rekening bank baru. Namun, tiap bank memiliki ketentuan yang berbeda-beda terkait setoran awal dan dokumen pendukung lainnya.

Berikut adalah syarat-syarat yang berlaku untuk membuka rekening di Bank BCA:

  • Kartu Tanda Penduduk atau KTP
  • Kartu Keluarga atau KK
  • NPWP, jika dimiliki
  • Fotokopi KTP, KK, NPWP sebanyak 2 rangkap
  • Pembayaran biaya untuk mendapatkan kartu debit BCA sejumlah Rp 15 ribu
  • Setoran awal yang bervariasi tergantung pada jenis tabungan yang dipilih oleh calon nasabah.

Cara Buat Rekening BCA Secara Offline

Dengan memenuhi persyaratan pembukaan rekening BCA yang telah dijelaskan di atas, kamu dapat dengan mudah mendaftar untuk membuka rekening baru. Melalui cara offline ini, kamu dapat mengunjungi langsung kantor cabang BCA terdekat.

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk membuka rekening baru di Bank BCA:

  • Kunjungi kantor BCA yang terdekat dari lokasimu saat ini.
  • Ambil nomor antrian di loket customer service.
  • Tunggu hingga nomor antrianmu dipanggil oleh customer service.
  • Sampaikan ke customer service niatmu untuk membuka rekening baru atas nama kamu.
  • Isilah formulir pendaftaran rekening baru BCA yang disediakan oleh customer service.
  • Lakukan pembayaran untuk biaya pembuatan kartu debit atau kartu ATM yang akan digunakan untuk transaksi keuangan perbankan.
  • Pilih apakah kamu ingin mengaktifkan layanan BCA Mobile atau KlikBCA.
  • Lakukan setoran uang sesuai dengan ketentuan untuk membuka rekening BCA di teller.
  • Proses pembukaan rekening BCA selesai dilakukan, dan rekening tersebut dapat kamu gunakan untuk melakukan transaksi keuangan.

Cara Membuat Rekening BCA Online

Untuk membuka rekening Bank BCA secara online, Anda hanya perlu menyiapkan beberapa hal, seperti mengunduh aplikasi BCA yang tersedia di PlayStore atau Appstore.

Pastikan juga Anda memiliki nomor telepon yang memiliki cukup pulsa, karena Anda akan diminta mengirim pesan sebagai konfirmasi pendaftaran.

Selain itu, pastikan nomor telepon yang akan digunakan belum pernah didaftarkan sebelumnya di Bank BCA. Jika nomor tersebut sudah pernah digunakan di Bank BCA sebelumnya, maka tidak dapat digunakan kembali.

Setelah semua persiapan sudah siap, ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat rekening BCA secara online.

1. Daftar Pembuatan Rekening BCA

Langkah pertama adalah mengunduh aplikasi BCA Mobile melalui Play Store atau Appstore. Setelah aplikasi terunduh, Anda akan diberikan beberapa opsi untuk dipilih.

Pilih opsi "Buka Rekening Baru" untuk memulai proses pendaftaran. Pada tahap ini, Anda akan diminta untuk mengisi data diri, seperti KTP, tanda tangan, dan NPWP jika tersedia.

Lengkapi semua persyaratan yang diminta di dalam aplikasi BCA, dan lanjutkan ke tahap selanjutnya.

2. Pilih Jenis Tabungan

Dari opsi "Buka Rekening" tersebut, Anda akan diminta untuk memilih jenis tabungan yang ingin Anda buka, antara lain.

  • Tahapan BCA: Setoran awal sebesar 500.000 dan setoran berikutnya sebesar 50.000.
  • Tahapan Xpresi: Setoran awal sebesar 50.000 dan setoran selanjutnya sebesar 500.000.
  • Tahapan Gold: Setoran awal sebesar 10 juta.

3. Verifikasi Kode Akses

Pada langkah ini, calon nasabah akan diminta untuk melakukan verifikasi nomor telepon sesuai petunjuk yang diberikan oleh pihak bank. Oleh karena itu, pastikan pulsa Anda mencukupi.

Setelah proses verifikasi nomor telepon selesai, selanjutnya Anda akan diarahkan untuk membuat kode akses. Pastikan untuk membuat kode akses yang mudah diingat, sehingga saat melakukan login, prosesnya dapat dilakukan dengan mudah.

4. Melengkapi Dokumen

Dalam aplikasi BCA Mobile, akan diminta pengguna untuk mengunggah data dokumen dalam bentuk foto. Pastikan bahwa foto yang digunakan jelas terlihat, terutama pada bagian yang berisi tulisan, karena data tersebut akan dijadikan sebagai informasi resmi mengenai identitas Anda.

Dokumen yang diminta untuk diunggah meliputi tanda tangan, foto diri, foto E-KTP, dan NPWP jika dimiliki. Pastikan kualitas foto sesuai dengan panduan yang tertera dalam aplikasi.

Selain itu, pada bagian data diri, Anda akan diminta untuk mengisi informasi seperti:

  • Agama
  • Pekerjaan
  • Tempat tinggal
  • Status perkawinan
  • Nama ibu kandung
  • Tujuan pembukaan rekening

5. Memilih Kartu BCA

Anda akan diarahkan ke halaman dengan berbagai pilihan yang ditampilkan oleh BCA Mobile, termasuk berbagai jenis kartu.

Setiap kartu memiliki perbedaan, seperti limit transfer dan limit tarik tunai, beserta biaya admin yang bervariasi. Pilihlah kartu sesuai dengan kebutuhan Anda untuk memenuhi preferensi dan keperluan transaksi Anda nantinya.

6. Memilih Cabang Rekening

Meskipun pendaftaran Bank BCA dapat dilakukan secara online, Anda juga memiliki opsi untuk memilih cabang BCA tertentu. Sebagai contoh, Anda dapat memilih Cabang Bank BCA yang berdekatan dengan lokasi rumah Anda. Hal ini dikarenakan pengambilan kartu debit BCA akan memerlukan kehadiran langsung di cabang tersebut.

Dengan memilih cabang yang dekat dengan Anda, proses ini akan menjadi lebih mudah dilakukan karena tidak memerlukan perjalanan yang terlalu jauh.

7. Video Call dengan Customer Service

Setelah menyelesaikan pengisian semua dokumen dan memilih cabang yang sesuai, langkah berikutnya adalah melakukan video call dengan customer service BCA untuk melakukan verifikasi data.

Proses video call ini hanya berlangsung sebentar, kira-kira dalam waktu lima menit. Pastikan koneksi internet Anda stabil agar tidak terjadi kesalahan saat verifikasi data dengan customer service.

8. Aktivasi Mobile Banking

Langkah terakhir dalam menyelesaikan proses pembuatan rekening adalah melakukan aktivasi mobile banking. Ini bertujuan agar rekening BCA Anda dapat digunakan bersama dengan layanan mobile banking dan internet banking BCA.

Proses aktivasi mobile banking melibatkan pembuatan PIN enam digit angka. Setelah langkah ini diselesaikan, rekening BCA dan layanan mobile banking sudah siap digunakan.

Dengan tahapan ini, proses pembuatan rekening BCA secara online telah selesai.

Demikianlah proses pendaftaran cara membuat rekening BCA secara online. Sangat praktis, bukan? Anda tidak perlu repot pergi ke bank dan mengantri untuk mendaftar. Pendaftaran dapat dilakukan secara online, namun pengambilan kartu debit BCA dilakukan sesuai dengan cabang yang Anda pilih.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.