Ini 9 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi 11 Ultra

Pada tahun lalu, Xiaomi dengan bangga memperkenalkan Mi 10 Ultra sebagai flagship yang mendapat banyak sorotan. Namun, tak disangka setelah hanya setengah tahun berlalu, Xiaomi kembali memperkenalkan Mi 11 Ultra yang saat ini tersedia dengan harga sekitar 16 jutaan. Ponsel flagship ini bersaing dengan perangkat Ultra lainnya seperti S21 Ultra, dengan spesifikasi yang hampir serupa.

Mi 11 Ultra
Spesifikasi Mi 11 Ultra
  • Rilis : Juni 2021
  • Layar : 6.81 inci AMOLED 120Hz HDR10+ Dolby Vision
  • Chipset : Qualcomm Snapdragon 888 5G (5nm)
  • GPU : Adreno 660
  • RAM : 12 GB
  • Memori Internal : 256 GB
  • Memori Eksternal : Tidak tersedia
  • Kamera Belakang : 50 MP (wide), 48 MP (periscope telephoto), 48 MP (ultrawide)
  • Kamera Depan : 20 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 67W

Selengkapnya : Spesifikasi Mi 11 Ultra dan Harganya

Namun, ada satu fitur yang membuat Mi 11 Ultra benar-benar mencuri perhatian, yaitu layar belakangnya yang unik. Sebagai pemimpin dalam seri Mi 11, ponsel ini menawarkan pengalaman digital yang tanpa hambatan, meskipun dengan harga yang tidak murah. Tanpa banyak basa-basi, mari kita bahas lebih lanjut mengenai kelebihan dan kekurangan dari flagship ini.

Baca juga : Yuk, Kenali 7 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Note 11s

Kelebihan Mi 11 Ultra

Xiaomi telah menjadi pelopor inovasi di pasar smartphone dengan meluncurkan produk-produk yang selalu dinanti. Terutama dengan kehadiran smartphone high-end yang mengagumkan, ada banyak kelebihan yang akan Anda dapatkan dari perangkat ini.

1. Desain Berani dan Memukau

Xiaomi mempertahankan desain depan yang sama dengan Xiaomi Mi 11, dengan layar yang melengkung di semua sisi, memberikan kenyamanan saat digenggam. Yang membedakan Mi 11 Ultra adalah penggunaan material keramik sebagai bahan utama. Ini menjadikannya ponsel yang paling tahan lama di pasaran saat ini.

Bahan keramik jauh lebih kuat daripada kaca, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang goresan atau retak pada bagian belakang ponsel ini. Selain itu, desain futuristik dengan modul kamera persegi panjang dan panel 1,1 inci pada bagian belakang sangat menarik. Dengan desain modern seperti ini, sayang rasanya untuk melewatkan Mi 11 Ultra.

2. Layar AMOLED WQHD+ Berkualitas

Mi 11 Ultra menampilkan layar besar berukuran 6,81 inci. Layar ini memiliki resolusi 3200 x 1440 WQHD+ dengan rasio 20:9, serta kecepatan refresh 120Hz dan kecepatan pengambilan sampel sentuh hingga 480Hz. Dengan menggunakan bahan luminescent E4, layar Mi 11 Ultra menawarkan kecerahan puncak 1700nit dan mendukung DCI-P3, HDR10+, dan Dolby Vision.

Yang menarik, di bagian belakang terdapat layar AMOLED 1,1 inci yang berfungsi ganda sebagai panel selalu aktif untuk menampilkan waktu, tanggal, statistik baterai, dan pemberitahuan. Fitur menarik ini tentu menambah daya tarik perangkat ini.

3. Proteksi Layar dan IP68

Mi 11 Ultra dilengkapi dengan perlindungan layar Gorilla Glass Victus di bagian depan dan belakang, membuatnya tahan terhadap goresan dan retak. Selain itu, ponsel ini juga memiliki sertifikasi IP68 yang membuatnya tahan terhadap air dan debu.

4. Speaker Stereo

Mi 11 Ultra dilengkapi dengan desain speaker stereo yang disetel oleh Harman Kardon. Bagian atasnya menggunakan unit speaker 1014 yang ditingkatkan, sementara bagian bawahnya menggunakan unit speaker super linier 1216P dengan amplitudo maksimum 0,8 mm. Kehadiran speaker stereo ini merupakan hal yang wajib diapresiasi.

5. Kombinasi Kamera yang Mengesankan

Mi 11 Ultra memiliki tiga kamera di bagian belakang. Kamera utama 50MP dengan sensor Samsung GN2 1/1,12 inci besar dilengkapi dengan lensa aperture f/1,95 yang distabilkan secara optik. Ada juga dua kamera lain dengan resolusi 48MP (sensor Sony IMX598). Satu kamera adalah lensa ultra-wide dengan aperture f/2,2 dan bidang pandang 128 derajat, sementara yang lainnya adalah lensa telefoto periskop dengan zoom total 120x (5x optik).

Yang paling mengesankan adalah penggunaan teknologi Dual Pixel Pro untuk fokus otomatis cepat dan sistem fokus laser Time-of-Flight langsung multi-titik, yang membuat Mi 11 Ultra menjadi ponsel pertama di dunia dengan fitur ini. Ponsel ini juga mendukung mode malam dan mampu memotret dalam resolusi 8K pada 24fps.

6. Performa Tinggi dengan Chipset Teratas

Mi 11 Ultra didukung oleh chipset Snapdragon 888, yang menawarkan performa tinggi. Dengan kombinasi RAM LPDDR5 hingga 12GB dan penyimpanan UFS 3.1 256GB, ponsel ini siap memberikan kinerja yang cepat dan responsif.

7. Baterai Besar dengan Dukungan Pengisian Nirkabel

Mi 11 Ultra memiliki baterai 5.000 mAh dengan pengisian cepat kabel dan nirkabel 67W. Xiaomi menggunakan anode nano silikon generasi ke-2 untuk meningkatkan efisiensi pengisian dan kapasitas baterai. Dukungan fast charger ini dapat mengisi daya penuh dalam waktu 36 menit.

Baca juga : 10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Redmi A1

Kekurangan Mi 11 Ultra

Meskipun Mi 11 Ultra memiliki fitur-fitur yang padat, tetapi ada beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan bagi pengguna yang selektif. Berikut adalah dua kekurangan umum dari Mi 11 Ultra yang perlu diperhatikan:

1. Bobot Berat dan Tonjolan di Bagian Belakang

Karena menggunakan material keramik, Mi 11 Ultra memiliki bobot yang cukup berat dibandingkan dengan smartphone lainnya. Total berat perangkat ini mencapai 234 gram ditambah dengan tonjolan kamera belakang yang mencolok. Bagi mereka yang terbiasa dengan ponsel yang lebih tipis, Mi 11 Ultra mungkin terasa tidak nyaman saat digenggam.

2. Tidak Mendukung Ekspansi MicroSD

Meskipun Mi 11 Ultra memiliki RAM 12GB dan penyimpanan internal 256GB, perangkat ini hanya menyediakan satu opsi penyimpanan. Jika suatu saat Anda membutuhkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar, Anda harus memindahkan data secara manual karena Mi 11 Ultra tidak mendukung ekspansi penyimpanan dengan kartu microSD.

Itulah informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Mi 11 Ultra, flagship premium dari Xiaomi. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memilih smartphone terbaru tanpa harus mempertimbangkan masalah anggaran.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.