8 Kelebihan dan Kekurangan iPhone 13 yang Perlu Kamu Tahu

Banyak orang yang tidak terpukau oleh perubahan desain iPhone 13 dari Apple karena tampaknya tidak banyak yang berubah secara visual. Casing perangkat ini tetap datar seperti pendahulunya.

iPhone 13
Spesifikasi iPhone 13
  • Rilis : Oktober 2021
  • Layar : 6.1 inci Super Retina XDR OLED HDR10 Dolby Vision ~460ppi
  • Chipset : Apple A15 Bionic (5nm)
  • GPU : Apple GPU (5-core graphics)
  • RAM : 4 GB
  • Memori Internal : 128 GB, 256 GB, 512 GB
  • Memori Eksternal : Tidak tersedia
  • Kamera Belakang : 12 MP (wide), 12 MP (ultrawide), TOF LiDAR Scanner (depth)
  • Kamera Depan : 12 MP (wide), SL 3D (depth/biometrics sensor)
  • Baterai : Li-Ion 3240 mAh, Fast Charging 20W

Selengkapnya : Spesifikasi iPhone 13 dan Harganya

Namun, ada dua perubahan utama yang dapat ditemui pada penampilan luar iPhone 13. Pertama, terdapat dua lensa kamera yang diletakkan secara diagonal di bagian belakang. Kedua, poni (notch) yang menampung kamera Face ID kini lebih sempit sebesar 20%.

Namun, inilah saatnya untuk bersorak bagi para penggemar setia Apple, karena perubahan sebenarnya terletak pada kehebatan yang tersembunyi di dalam iPhone 13.

Dengan sensor kamera yang ditingkatkan dan performa yang unggul, iPhone 13 menjadi perangkat smartphone terjangkau yang dapat dimiliki dengan budget mulai dari 14 jutaan.

Akan lebih menarik lagi karena persaingan utama bagi iPhone 13 sebenarnya datang dari dalam gudang Apple sendiri, dalam bentuk pilihan antara iPhone 13 Mini atau iPhone 13 Pro.

Kedua perangkat ini menawarkan harga yang lebih terjangkau atau lebih mahal, dengan pertimbangan ukuran yang lebih kompak atau fitur yang lebih menonjol.

Jadi, jangan khawatir, tulisan di bawah ini akan membantu Anda untuk memahami dengan lebih jelas kelebihan dan kekurangan dari iPhone 13. Bersiaplah untuk menjelajah dunia yang menarik ini!

Baca juga : Baca 7 Kelebihan dan Kekurangan iPhone 14 Pro Max Ini Sampai Habis!

Kelebihan iPhone 13

Apple memberikan sejumput kelebihan pada iPhone 13 yang sebenarnya berasal dari fondasi yang telah mereka bangun sebelumnya. Dengan sentuhan kecil yang penting, iPhone 13 hadir dengan beberapa keunggulan menarik seperti berikut ini.

1. Layar Super Retina XDR Tajam

Di bagian depan, iPhone 13 menampilkan panel Super Retina XDR AMOLED yang memukau dengan ukuran 6,1 inci dan rasio aspek 19,5:9 yang sama spektakulernya dengan iPhone 12. Layar ini menghadirkan ketajaman yang luar biasa dan peningkatan kecerahan hingga 800 nits di bawah sinar matahari yang terang.

Tak hanya itu, Apple bahkan memamerkan angka mencapai 1200 nits ketika menikmati konten HDR. Apple tetap mempertahankan desain yang kokoh dengan perlindungan Ceramic Shield yang tangguh di bagian depan, rangka aluminium yang kuat, dan ketahanan terhadap air yang mengagumkan.

Dengan rating resistensi IP68, iPhone 13 telah diuji oleh Apple untuk tetap tahan terendam dalam air tawar hingga kedalaman 6 meter selama 30 menit. Ini jauh melampaui standar industri yang umumnya hanya diuji hingga kedalaman 1 meter. Jadi, tidak perlu khawatir jika smartphone ini terkena cipratan air saat Anda berpergian.

2. Sistem Kamera yang Ditingkatkan

Spesifikasi kamera seringkali menjadi daya tarik utama dalam iPhone baru. Meski begitu, iPhone 13 belum mendapatkan banyak sorotan dalam hal ini karena hanya mengalami sedikit peningkatan pada sistem kamera yang telah solid pada iPhone 12.

Namun, ada manfaat signifikan dalam kamera iPhone 13, yaitu sensor utama yang diadopsi dari iPhone 12 Pro tahun sebelumnya. Fitur stabilisasi sensor-shift pada kamera utama memberikan hasil bidikan yang lebih stabil, terutama dalam kondisi pencahayaan yang redup.

Seperti sebelumnya, Anda akan menemukan kamera selfie 12MP dan dua kamera belakang yang terdiri dari kamera utama dan ultra-wide. Keduanya mampu mengambil foto dengan resolusi 12MP dan merekam video Dolby Vision 4K hingga 60fps, memberikan kualitas yang mengesankan.

Ada juga dua tambahan menarik lainnya, yaitu Mode Sinematik dan Photographic Styles, yang menjadi sorotan dalam iPhone 13. Mode Sinematik memberikan sistem pemfokusan cerdas untuk video yang dapat mengunci dan beralih otomatis antara subjek. Sementara itu, Photographic Styles membantu menciptakan filter khusus yang dapat diterapkan saat memotret objek.

3. Pilihan Warna yang Lebih Beragam

Selain spesifikasi dan isi smartphone, pilihan warna juga merupakan faktor penting bagi pengguna yang menghargai estetika. iPhone 13 hadir dengan beberapa pilihan warna baru, termasuk Starlight, Midnight, Blue, Pink, dan Product (RED). Warna Pink telah menggantikan opsi Ungu dari iPhone 12, sementara Apple juga memberikan nuansa biru yang berbeda pada iPhone 13 agar lebih serasi dengan perangkat sebelumnya.

4. Chipset Powerful

Performa yang tangguh adalah salah satu faktor penting yang harus dipertimbangkan sebelum membeli smartphone. Keluarga iPhone 13 didukung oleh chip A15 Bionic Apple berkekuatan 5nm yang telah ditingkatkan, dengan perbedaan utama pada GPU-nya: empat inti pada iPhone 13 dan 13 Mini, sementara iPhone 13 Pro dan Pro Max dilengkapi dengan lima inti.

Perbedaan kecil ini mungkin tidak berpengaruh secara signifikan dalam penggunaan sehari-hari. Namun, jika Anda ingin memainkan game-game berat atau melakukan rendering video, versi yang lebih kuat dengan dukungan A15 dan ProMotion pada iPhone 13 Pro atau Pro Max mungkin lebih disarankan.

5. Daya Tahan Baterai yang Handal

Secara resmi, iPhone 13 diklaim memiliki daya tahan baterai 2,5 jam lebih lama daripada iPhone 12, sehingga mampu menemani aktivitas sehari-hari Anda.

Selain baterai yang lebih besar dan chipset yang lebih efisien, Apple juga menyertakan fitur Data Cerdas yang dapat beralih antara jaringan 5G dan 4G LTE. Fitur ini akan diaktifkan saat melakukan tugas yang tidak memerlukan kecepatan seluler maksimal, sehingga menghemat energi dan menjaga daya baterai.

Baca juga : Sebelum Beli, Baca Dulu 7 Kelebihan dan Kekurangan Vivo V25 Pro

Kekurangan iPhone 13

Meskipun iPhone 13 memiliki sejumlah kelebihan yang menggiurkan, tidak dapat dipungkiri bahwa perangkat ini juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kekurangan iPhone 13 yang perlu diperhatikan:

1. Tidak Ada ProMotion

Salah satu fitur yang paling dinanti adalah teknologi ProMotion, yang memungkinkan tampilan dengan kecepatan refresh tinggi untuk visual yang lebih halus. Sayangnya, iPhone 13 tidak dilengkapi dengan teknologi ini, sehingga dapat dianggap sebagai kekecewaan. Meskipun demikian, dengan hadirnya iOS 15, layar iPhone 13 yang memiliki refresh rate standar 60Hz mampu memberikan performa yang lancar.

2. Tidak Memiliki Kamera Telefoto dan Makro

iPhone 13 reguler tidak dilengkapi dengan lensa telefoto, sehingga jika Anda ingin mengambil foto dari jarak yang lebih jauh dengan kualitas yang memadai, Anda perlu beralih ke iPhone 13 Pro atau Pro Max. Selain itu, iPhone 13 juga tidak memiliki mode makro super seperti yang terdapat pada iPhone 13 Pro.

3. Tidak Memiliki Touch ID

Kekurangan lainnya adalah ketiadaan fitur Touch ID. Bagi pengguna yang terbiasa dengan pengenalan sidik jari sebagai metode biometrik, kekurangan ini dapat dianggap mengganggu. Meskipun Face ID yang dimiliki iPhone 13 diklaim sangat akurat, tetap saja akan merepotkan saat harus menggunakan Face ID di tempat umum yang memerlukan pembukaan masker.

Itulah beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan pada iPhone 13. Di Indonesia, iPhone 13 dijual dengan harga mulai dari 14 jutaan untuk varian 128GB, dan mencapai 20 jutaan untuk varian tertinggi dengan kapasitas 512GB. Jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak fitur dari seri ini, anggaran sebesar 20 jutaan tersebut sudah cukup untuk membeli iPhone 13 Pro dengan kapasitas 256GB.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.