Harga Samsung Galaxy M32 Terbaru 2024 dan Spesifikasi

Samsung Galaxy M32

Fitur Unggulan


  • Memiliki refresh rate hingga 90 Hz
  • Desain body yang simpel dengan tekstur bergaris sehingga noda jari tidak mudah menempel
  • Layar Super AMOLED Full HD+ dengan tingkat kecerahan tinggi
  • Performa Chipset Helio G80 cocok untuk gaming
  • Quad camera 64 MP yang unggul

Selengkapnya : Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M32

Spesifikasi Samsung Galaxy M32

Umum
RilisJuli 2021
JaringanGSM, HSPA, LTE
SIM CardDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body
Berat180 gram
Dimensi159.3 x 74 x 8.4 mm
MaterialDepan kaca, Belakang plastik, Frame plastik
WarnaBlack, Light Blue

Layar
TipeSuper AMOLED 90Hz
Ukuran6.4 inci, ~83.9% rasio layar ke body
Resolusi1080 x 2400 pixel, rasio 20:9, ~411 ppi

Platform
OS Android 11, One UI 3.1
ChipsetMediatek Helio G80 (12 nm)
CPUOcta-core (2x2.0 GHz Cortex-A75 & 6x1.8 GHz Cortex-A55)
GPUMali-G52 MC2

Memori
Internal8/128 GB, 6/128 GB
JeniseMMC 5.1
EksternalmicroSDXC

Kamera Belakang
Resolusi64 MP f/1.8 26mm (wide)
8 MP f/2.2 123˚ (ultrawide)
2 MP f/2.4 (macro)
2 MP f/2.4 (depth)
FiturLED flash, panorama, HDR
Video1080p @30fps


Kamera Depan
Resolusi20 MP f/2.2 (wide)
Video1080p @30fps

Audio
SpeakerAda
Jack 3.5mmAda

Konektivitas
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE
GPSA-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO
RadioAda
NFCAda
USBUSB Type-C 2.0, USB On-The-Go

Fitur
SensorFingerprint (di samping), accelerometer, gyro, compass, virtual proximity sensing
Lainnya-

Baterai
TipeLi-Ion, non-removable
Kapasitas5000 mAh
FiturFast charging 25W

Benchmark
Antutu (v8)204.000

Harga Samsung Galaxy M32

Harga
6/128 GB - Rp 2.700.000
8/128 GB - Rp 2.800.000

Catatan: Informasi yang tercantum di atas mungkin tidak sepenuhnya akurat. Silakan hubungi kami jika anda menemukan kesalahan pada informasi di atas.

Selengkapnya Tentang Samsung Galaxy M32

Seperti apa desain Samsung Galaxy M32?

Samsung Galaxy M32 memiliki desain layar Infinity-U, serupa dengan versi sebelumnya. Bodi belakangnya memiliki tampilan menarik dengan pola garis vertikal sebagai aksen. Namun, sayangnya, bekas sidik jari masih bisa tertinggal di ponsel ini karena tampilan belakangnya yang glossy. Meskipun demikian, hal ini dapat diatasi dengan penggunaan case tambahan.

Di bagian belakang Samsung M32, terdapat modul kamera berbentuk persegi dengan LED Flash. Tombol volume ditempatkan di atas tombol power. Pada sisi kiri, terdapat slot kartu SIM, sementara bagian bawah dilengkapi dengan jack audio 3,5 mm dan port USB Type-C 2.0.

Dari segi ukuran, HP Samsung ini nyaman digenggam dengan dimensi 159,3 x 74 x 8,4 mm dan bobot 180 gram. Meskipun tidak terlalu berat, namun belum dapat dianggap sebagai salah satu yang paling ringan di kelasnya.

Samsung Galaxy M32 ada warna apa saja?

Samsung Galaxy M32 dapat dipilih dalam tiga varian warna yang dapat disesuaikan dengan preferensi pengguna. Pilihan warnanya meliputi Black, Light Blue, dan White.

Berapa inci ukuran layar Samsung Galaxy M32?

Galaxy M32 dilengkapi dengan layar berukuran 6,4 inci dan rasio screen-to-body sebesar 83,9%. Desain notch waterdrop yang kecil serta bezel yang ramping di sisi kiri dan kanannya memberikan kesan layar ponsel ini semakin lega.

Bagaimana tampilan layar Samsung M32?

Ya, spesifikasi Samsung Galaxy M32 telah menggunakan panel Super AMOLED dengan resolusi Full HD Plus, yaitu 1080 x 2400 piksel. Layarnya memiliki kerapatan piksel sebesar 411 ppi dan tingkat kecerahan mencapai 800 nits. Dengan spesifikasi ini, tampilan layarnya terlihat tajam, jernih, dan cerah, bahkan saat digunakan di bawah sinar matahari.

Selain itu, layar 6,4 inci pada HP Samsung ini juga dilengkapi dengan kemampuan refresh rate 90 Hz. Dukungan refresh rate tersebut membuat tampilan layar terlihat lebih responsif dan mulus saat melakukan aktivitas seperti scrolling media sosial, menonton video animasi, dan bermain game.

Di luar spesifikasi tersebut, layarnya juga sudah dilengkapi dengan fitur teknologi Eye Comfort Shield. Teknologi ini diklaim mampu mengurangi efek paparan radiasi biru yang dapat menyebabkan kelelahan mata. Dengan semua spesifikasi yang dimilikinya, kualitas layar ini dapat dianggap baik untuk ponsel dengan harga Samsung Galaxy M32 yang cukup terjangkau.

Apakah layar Samsung Galaxy M32 punya proteksi Gorilla Glass?

Ya, Samsung Galaxy M32 telah dilengkapi dengan perlindungan Corning Gorilla Glass 5 pada layarnya. Dengan fitur ini, ponsel menjadi lebih terlindungi dari goresan.

Berapa MP kamera Samsung Galaxy M32?

Spesifikasi kamera Samsung M32 mencakup quad camera dan satu LED Flash di bagian belakang. Konfigurasinya terdiri dari kamera utama 64 MP, kamera ultra wide 8 MP, kamera makro 2 MP, dan lensa depth sensor 2 MP. Di bagian depan, terdapat kamera selfie 20 MP dengan bukaan f/2.2.

Dengan kombinasi konfigurasi quad camera dan satu LED Flash, Galaxy M32 memungkinkan pengguna untuk mengambil foto sesuai kebutuhan dengan lebih leluasa. Khususnya, kamera ultra wide 8 MP pada ponsel ini mendukung pengambilan foto dengan sudut pandang hingga 123 derajat.

Kamera makro dapat digunakan untuk mengambil foto dengan detail kecil, sementara kamera depth 2 MP membantu dalam pengambilan foto bokeh dengan mudah.

Selain berbagai jenis lensa, kamera belakang dan depan pada ponsel ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan. Mode Pro, Night Mode, Hyperlapse, Slow Motion, Panorama, dan mode AR adalah beberapa contohnya.

Bagaimana hasil kamera Samsung M32?

Hasil foto dari kamera utama dan kamera selfie pada Samsung M32 tergolong cukup baik, terutama dalam kondisi cahaya yang memadai. Namun, sayangnya, dalam kondisi low light, kinerja kamera utama ponsel ini masih menunjukkan keterbatasan, terutama dalam hal rentang dinamis dan ketajaman gambar.

Dalam hal perekaman video, spesifikasi kamera terasa cukup standar, dan ponsel ini belum mendukung perekaman video dalam resolusi 4K. Baik kamera utama 64 MP maupun kamera selfie 20 MP pada Samsung M32 hanya mendukung perekaman video pada resolusi 1080p@30fps. Selain itu, fitur stabilizer belum disematkan pada kamera ponsel ini, sehingga rekaman video lebih rentan terhadap guncangan.

Meskipun ada kekurangan tersebut, kemampuan kamera masih dapat dimaklumi mengingat Galaxy M32 ini memiliki harga yang cukup terjangkau.

Berapa RAM Samsung M32?

Samsung M32 dibekali dengan kapasitas RAM yang cukup besar. Di Indonesia, Samsung menyediakan opsi RAM 6GB dan RAM 8GB.

Adapun untuk penyimpanan internal, ponsel ini dilengkapi dengan memori internal sebesar 128GB. Jika dirasa kapasitas penyimpanan internal 128GB masih kurang, tidak perlu khawatir! Samsung M32 juga mendukung penggunaan kartu memori eksternal untuk memperluas kapasitas penyimpanannya hingga 1TB.

Bagaimana kinerja Samsung Galaxy M32?

Dalam hal performa, Samsung M32 mengandalkan chipset Mediatek Helio G80 yang dipasangkan dengan CPU Octa-core (2x2.0 GHz Cortex-A75 & 6x1.8 GHz Cortex-A55) serta GPU Mali-G52 MC2. Sayangnya, pemilihan chipset Mediatek Helio G80 dianggap kurang optimal terutama untuk layar dengan refresh rate 90Hz.

Akibatnya, performa saat berpindah antar aplikasi kadang-kadang terasa lambat. Performanya juga dapat tergeser oleh beberapa smartphone sekelas harga Samsung M32, seperti realme 8 atau Poco X3 Pro.

Meskipun demikian, secara keseluruhan, performa ponsel dengan chipset Mediatek Helio G80 dan kartu grafis Mali-G52 MC2 ini masih dapat diandalkan, terutama untuk penggunaan sehari-hari yang bersifat kasual. Ponsel ini masih mampu menangani tugas ringan, seperti membuka media sosial, menonton video, dan menjelajah internet.

Terlihat dari hasil pengujian AnTuTu, Samsung M32 mencapai skor 199853. Pengujian Geekbench 5 menunjukkan bahwa ponsel ini mendapatkan skor 348 untuk CPU single core dan 1188 untuk multicore, menunjukkan bahwa performa dapur pacu ponsel ini masih memadai untuk kebutuhan sehari-hari.

Apakah Samsung M32 cocok untuk bermain game?

Samsung Galaxy M32 tidak dirancang khusus sebagai ponsel gaming, sehingga performa gaming-nya mungkin tidak sekuat ponsel gaming. Meski begitu, ponsel ini masih dapat diandalkan untuk bermain game kasual. Untuk game dengan grafis yang lebih tinggi, disarankan untuk mengatur setelan grafik pada tingkat rendah atau menengah untuk mendapatkan performa yang lebih optimal.

Contohnya, dalam bermain game PUBG Mobile dengan setelan grafik smooth dan frame rate menengah, Galaxy M32 masih mampu memberikan pengalaman bermain yang lancar. Hal yang sama berlaku untuk bermain Call of Duty Mobile dengan setelan grafik low dan frame rate medium.

Jika digunakan untuk game-game ringan, seperti Punishing: Gray Rave dan Counter Side, ponsel ini dapat memainkannya dengan lancar pada pengaturan grafik tinggi tanpa mengalami lag.

Samsung Galaxy M32 pakai OS apa?

Saat awal dirilis, Samsung Galaxy M32 berjalan dengan sistem operasi Android 11 yang telah diperbarui dengan antarmuka One UI 3.1. Dengan spesifikasi ini, pengguna dapat menyesuaikan antarmuka ponsel sesuai dengan preferensi dan kebutuhan mereka.

Selain itu, Samsung juga menyematkan beberapa fitur tambahan pada antarmuka dan sistem operasi Android 11, One UI 3.1 ini. Beberapa di antaranya adalah fitur keamanan Samsung Knox yang memberikan perlindungan terhadap malware, Always-on Display yang memungkinkan pengguna melihat notifikasi tanpa harus membuka layar ponsel, dan kustomisasi tema serta ikon sesuai dengan selera masing-masing.

Berapa mAh baterai Samsung Galaxy M32?

Samsung Galaxy M32 mengusung baterai berkapasitas 5000 mAh. Dengan kapasitas baterai yang cukup besar ini, daya tahan ponsel diklaim sangat baik. Dalam pengujian PCMark, ponsel ini mampu bertahan hingga sekitar 13 jam. Oleh karena itu, pengguna tidak perlu terlalu sering mengisi daya ponsel ini setiap saat.

Apakah Samsung Galaxy M32 mendukung fast charging?

Ya. Samsung Galaxy M32 sudah dilengkapi dengan fitur fast charging 25W, menjadi peningkatan dari model sebelumnya seperti Galaxy M31 atau A32 yang masih menggunakan pengisian cepat 15W.

Namun, perlu diperhatikan bahwa dalam paket penjualan, Samsung hanya menyertakan charger 15W. Oleh karena itu, untuk menikmati fitur pengisian daya cepat 25W, pengguna perlu membeli charger tambahan dengan daya yang sesuai.

Berapa lama waktu pengecasan Samsung M32?

Ketika menggunakan adaptor yang mendukung fast charging 25W, pengisian daya baterai Galaxy M32 dapat dilakukan dari kosong hingga penuh dalam waktu rata-rata 1 jam 45 menit. Namun, jika menggunakan adaptor bawaan 15W, waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya baterai pada HP Samsung ini akan lebih dari 2 jam.

Bagaimana audio Samsung M32?

Ponsel ini masih dilengkapi dengan satu speaker, meskipun kualitasnya tidak sebanding dengan ponsel yang memiliki speaker ganda. Meskipun demikian, Samsung menyediakan dukungan Dolby Atmos pada Galaxy M32 untuk meningkatkan kualitas audio agar lebih jernih.

Apakah Samsung M32 bisa dual SIM?

Ya. Samsung Galaxy M32 sudah dilengkapi dengan tiga slot kartu yang memungkinkan penggunaan dual SIM dan satu slot untuk kartu memori eksternal. Selain fitur tersebut, konektivitas ponsel Samsung ini juga didukung oleh fitur-fitur seperti Bluetooth 5.0, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dan USB Type-C 2.0.

Apakah Samsung M32 tahan air?

Samsung tidak secara jelas menyebutkan apakah Samsung M32 dilengkapi dengan sertifikasi tahan air dan debu seperti IP rating. Oleh karena itu, disarankan untuk lebih berhati-hati saat menggunakan ponsel ini.

Apakah Samsung Galaxy M32 punya sensor sidik jari?

Samsung Galaxy M32 telah dilengkapi dengan sensor sidik jari yang terintegrasi dengan tombol daya. Fungsinya memungkinkan pengguna membuka kunci layar tanpa perlu memasukkan kode PIN atau pola terlebih dahulu.

Apakah Samsung M32 ada fitur NFC?

Ya! Galaxy M32 sudah dilengkapi dengan fitur NFC atau Near Field Communication. Dengan adanya fitur ini, kamu dapat melakukan transaksi nontunai dengan lebih praktis.

Apakah Samsung M32 mendukung konektivitas 5G?

Tidak. Galaxy M32 belum mendukung konektivitas 5G. Namun, Samsung telah merilis versi ponsel Galaxy M32 5G secara terpisah dengan desain dan performa yang berbeda.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.