Yuk, Simak Cara Screenshot di HP Samsung Galaxy Xcover 5

Screenshot Samsung Galaxy Xcover 5

Sebagian orang mungkin sudah tahu cara melakukan screenshot di HP Samsung Galaxy XCover 5. Namun, banyak juga yang belum tahu. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan seluruh cara untuk mengambil tangkapan layar di HP Samsung Galaxy XCover 5.

Seperti yang Anda ketahui, fitur screenshot atau tangkapan layar adalah fitur yang sangat berguna pada semua smartphone. Fitur ini memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah memungkinkan Anda untuk menyimpan informasi penting tanpa perlu menuliskannya secara manual. Cukup ambil tangkapan layar dan simpan hasilnya di galeri HP Anda.

Pada dasarnya, cara mengambil screenshot di Samsung Galaxy XCover 5 mirip dengan HP Samsung lainnya. Namun, ada satu metode screenshot yang mungkin lebih cocok untuk digunakan pada HP ini, mengingat Galaxy XCover 5 adalah HP tahan air dan tahan debu yang cocok untuk digunakan di luar ruangan. Tanpa perlu menunggu lebih lama, berikut berbagai cara untuk mengambil screenshot di HP Galaxy XCover 5.

Baca juga : Cara Screenshot Samsung Galaxy A33 5G Tombol, Gesture

Cara Screenshot Samsung Galaxy Xcover 5

1. Dengan Kombinasi Tombol Fisik

Samsung menyediakan fitur tangkapan layar yang sudah ada di hampir semua smartphone Android-nya. Cara menggunakannya cukup sederhana, yaitu dengan menekan kombinasi dua tombol. Berikut langkah-langkahnya.

  • Siapkan Tampilan

Pastikan bahwa ponsel Samsung Galaxy XCover 5 Anda dalam keadaan aktif. Siapkan tampilan yang ingin Anda tangkap dalam tangkapan layar, entah itu dari media sosial, situs web, atau apa pun.

  • Tekan Tombol Kombinasi

Tekan tombol daya dan tombol volume bawah secara bersamaan.

  • Sesuaikan

Saat Anda telah menekan kedua tombol secara bersamaan, layar pratinjau tangkapan layar akan segera muncul. Pada layar pratinjau ini, Anda akan menemukan berbagai opsi, seperti menggunakan tombol gulir (nomor dua dari kiri) untuk memperluas tangkapan layar jika kontennya panjang.

Tombol gulir akan muncul secara otomatis jika konten yang Anda tangkap memerlukan guliran. Anda juga bisa melakukan penyesuaian lain, seperti memotong gambar, menambahkan catatan atau tanda pagar (tombol #). Selain itu, Anda dapat langsung berbagi tangkapan layar dengan orang lain.

  • Simpan

Ada beberapa cara untuk menyimpan hasil tangkapan layar. Pertama, Anda bisa membiarkan tampilan pratinjau hilang dengan sendirinya. Kedua, setelah masuk ke opsi penyesuaian pada tampilan pratinjau, tekan tombol "Simpan" yang berbentuk panah mengarah ke bawah.

Ketiga, setelah Anda berbagi tangkapan layar, tekan tombol kembali.

2. Dengan Fitur Palm Swipe

Samsung menawarkan metode tangkapan layar yang lebih modern melalui penggunaan "Palm Swipe". Secara singkat, metode ini lebih praktis karena Anda hanya perlu mengusap layar secara horizontal. Namun, mungkin fitur ini belum diaktifkan secara default. Oleh karena itu, ikuti langkah-langkah berikut untuk memeriksanya.

  • Buka Menu Pengaturan

Geser ujung atas layar ponsel dari atas ke bawah, kemudian ketuk ikon roda gigi yang terletak di pojok kanan atas layar.

  • Ketik Palm Swipe

Sentuh ikon pencarian yang terletak di bagian atas profil pemilik ponsel. Kemudian masukkan kata kunci "Palm Swipe".

  • Geser Saklar

Setelah Anda menemukan opsi "Palm Swipe untuk mengambil gambar", pastikan bahwa tombol geser yang terletak di sebelah kanan teks tersebut sudah dalam posisi aktif. Tanda bahwa tombol tersebut aktif adalah jika telah bergeser ke arah kanan.

  • Lakukan Screenshot

Siapkan tampilan yang ingin Anda tangkap. Setelah itu, lakukan gesekan atau sapuan di tepi layar dari kiri ke kanan. Anda juga dapat melakukan sapuan dari kanan ke kiri.

  • Tips

Pengguna sebenarnya bisa menggunakan jari mana saja untuk melakukan sapuan. Namun, sebagai tips, disarankan menggunakan jari telunjuk atau bagian bawah telapak tangan yang sejajar dengan kelingking.

  • Sesuaikan, Simpan, atau Bagikan

Melakukan tangkapan layar menggunakan fitur Palm Swipe tidak terlalu berbeda dari cara tangkapan layar dengan kombinasi tombol daya dan tombol volume bawah. Anda masih dapat melakukan penyesuaian, menambahkan hashtag, mewarnai atau menggambar, berbagi, atau menyimpan tangkapan layar tersebut.

3. Via Perintah Suara

Seperti yang telah dijelaskan pada awalnya, Samsung Galaxy XCover 5 adalah ponsel tahan banting yang dapat digunakan bahkan jika tangan Anda basah, berdebu, atau sedang mengenakan sarung tangan. Namun, ada kemungkinan Anda akan perlu melakukan tangkapan layar tanpa harus menyentuh ponsel. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menggunakan perintah suara. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Pilih Asisten Pribadi

Samsung Galaxy XCover 5 dilengkapi dengan dua asisten pribadi, yaitu Samsung Bixby dan Google Assistant. Anda dapat memilih salah satu dari keduanya. Dalam panduan ini, kami akan menggunakan Google Assistant sebagai asisten pribadi yang dipilih.

  • Cek Fitur Voice Wake-up

Voice Wake-up berguna untuk memungkinkan Anda memanggil Google Assistant melalui suara. Untuk memeriksa apakah fitur ini sudah aktif atau tidak, buka menu pengaturan, kemudian ketik "Google Assistant" di kolom pencarian.

Cari opsi "Pengaturan Asisten" dan buka. Selanjutnya, masuk ke "Hey Google & Pencocokan Suara" dan geser saklar ke posisi aktif.

  • Ucapkan "Hey, Goole"

Google Assistant siap untuk dipanggil. Ucapkan "Hei, Google" untuk memanggilnya.

  • Beri Perintah Screenshot

Siapkan tampilan yang ingin Anda tangkap dalam tangkapan layar. Selanjutnya, ucapkan "Ambil tangkapan layar" jika Google Assistant menggunakan pengaturan bahasa Inggris.

  • Selesai

Tangkapan layar akan disimpan secara otomatis dalam galeri. Buka galeri untuk melakukan penyesuaian atau mengirimnya.

Baca juga : Cara Update Game Turbo Terbaru di HP Xiaomi MIUI 11 dan 12

4. Dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda merasa belum puas dengan fitur tangkapan layar bawaan Samsung, Anda dapat mencoba beberapa aplikasi pihak ketiga yang kami rekomendasikan. Berikut beberapa contohnya.

a. Longshot

LongShot adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk melakukan tangkapan layar yang panjang. Dengan aplikasi ini, Anda dapat menangkap seluruh konten yang panjang, bukan hanya yang terlihat di layar. Salah satu aspek menarik dari aplikasi ini adalah kemudahannya dalam penggunaan. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi LongShot:

  • Cari dan unduh aplikasi LongShot dari Google PlayStore. Anda dapat mengunduhnya dengan mengklik tautan ini. Aplikasi LongShot ini gratis dan dapat digunakan tanpa biaya.
  • Setelah Anda mengunduh LongShot, buka aplikasi tersebut.
  • Untuk melakukan tangkapan layar yang panjang, klik opsi "Tangkap Halaman Web". Aplikasi ini akan berperilaku seperti peramban web. Selanjutnya, Anda dapat memasukkan tautan URL atau konten yang ingin Anda tangkap secara keseluruhan.
  • Sebagai contoh, Anda dapat memasukkan "Carisinyal.com". Kemudian, Anda bisa memilih artikel atau konten yang ingin Anda tangkap. Anda juga dapat langsung melakukan tangkapan layar pada halaman utama "TeknoIndie.com".
  • Anda akan menemukan opsi "Scroll ke bawah". Opsi ini memungkinkan Anda untuk melakukan tangkapan layar hingga bagian yang Anda inginkan.
  • Terakhir, pilih opsi "Akhiri disini dan tangkap layar" untuk melakukan tangkapan layar yang panjang.

LongShot memiliki fitur menarik, termasuk kemampuan untuk menggabungkan dua atau lebih tangkapan layar menjadi satu gambar panjang. Selain itu, terdapat juga fitur auto-capture yang memungkinkan Anda melakukan tangkapan layar laman web panjang hanya dengan dua kali klik.

b. Scroll Capture for Web

Aplikasi lain yang dapat digunakan untuk melakukan tangkapan layar yang panjang di perangkat Android Anda adalah Scroll Capture. Aplikasi ini sederhana dan sangat mudah digunakan.

Cukup buka aplikasi ini, lalu masukkan tautan situs web yang ingin Anda tangkap dalam tangkapan layar. Selanjutnya, pilih opsi tangkapan layar yang terletak di bagian tengah bawah layar. Semudah itu. Jika Anda tertarik untuk mencobanya, Anda dapat mengunduh LongShot dengan mengklik tautan di sini.

c. Web Scroll Capture

Web Scroll Capture adalah aplikasi lain yang memungkinkan Anda untuk melakukan tangkapan layar yang panjang. Aplikasi ini juga sangat mudah digunakan. Anda hanya perlu membuka aplikasi, memasukkan alamat situs web, dan kemudian memilih opsi tangkapan layar yang terletak di bagian kanan bawah.

Aplikasi ini menawarkan tiga opsi yang menarik. Opsi pertama adalah "Download this page completely", yang berfungsi untuk mengunduh seluruh halaman web dengan lengkap.

Opsi kedua adalah "Capture as PDF", yang memungkinkan Anda untuk melakukan tangkapan layar dalam format PDF.

Opsi ketiga adalah "Capture as Image", yang menghasilkan tangkapan layar dalam bentuk gambar. Jika Anda tertarik untuk mencoba aplikasi ini, Anda dapat mengunduh aplikasi Web Scroll Capture di sini.

d. Long Screenshot - Full Screen Capture

Aplikasi Long Screenshot - Full Screen Capture adalah aplikasi Android lain yang memungkinkan Anda untuk melakukan tangkapan layar yang panjang. Saat Anda membuka aplikasi ini, Anda akan melihat tampilan Google.com.

Aplikasi ini tidak menyediakan opsi untuk memasukkan tautan tertentu, jadi Anda perlu menggunakan layanan Google terlebih dahulu untuk mengakses situs tertentu. Jika Anda tertarik untuk mencoba aplikasi ini, Anda dapat mengunduhnya di sini.

Demikianlah penjelasan tentang cara melakukan tangkapan layar di Samsung Galaxy XCover 5. Samsung menyediakan berbagai metode tangkapan layar yang dapat Anda pilih sesuai kenyamanan Anda. Selamat mencoba!

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.