6 Cara Screenshot di Realme 10 Mudah dan Simpel

Cara Screenshot HP Realme 10

Realme menghadirkan ponsel kelas menengah yang menarik, yakni Realme 10. Ponsel ini menggunakan chipset MediaTek G99 untuk memberikan performa yang lancar. Bahkan, Realme 10 mampu menjalankan hingga 18 aplikasi secara bersamaan dan memainkan game dengan grafis yang memukau.

Ketika Anda menggunakan banyak aplikasi, Anda akan menemukan banyak informasi menarik dan penting. Untungnya, ponsel ini dilengkapi dengan berbagai fitur yang membantu penggunanya, termasuk cara mengambil tangkapan layar.

Kami akan menjelaskan beberapa cara untuk mengambil tangkapan layar di Realme 10, dan cara-cara ini juga dapat digunakan pada ponsel Realme 10 lainnya, seperti Realme 10 5G, Realme 10s, Realme 10 Pro, dan Realme 10 Pro+. Berikut ini cara-cara mengambil tangkapan layar di Realme 10 yang bisa Anda coba.

Baca juga : Cara Screenshot Realme C15, C11, C12, dan C3

Cara Screenshot di HP Realme 10

Menggunakan Kombinasi Tombol Fisik

Realme menyadari bahwa ponsel yang digunakan untuk multitasking harus memiliki fitur-fitur lengkap. Oleh karena itu, mereka telah menyediakan beberapa cara untuk mengambil tangkapan layar.

Karena Realme 10 ini menggunakan sistem operasi Android, cara umum untuk mengambil tangkapan layar masih sama seperti pada ponsel Android lainnya. Caranya adalah dengan menekan tombol fisik yang terletak di sisi bodi ponsel.

Berikut adalah langkah-langkah mudah dan cepat untuk mengambil tangkapan layar.

Langkah pertama adalah menampilkan informasi atau halaman yang ingin Anda tangkap di layar HP. Anda bisa membuka halaman web, menonton video, atau berbicara melalui pesan untuk diabadikan dalam tangkapan layar.

Untuk mengambil tangkapan layar, Anda cukup menekan tombol daya dan tombol volume bawah secara bersamaan pada sisi perangkat.

Tahan dan tekan kedua tombol fisik ini secara bersamaan hingga layar berkedip, yang menunjukkan bahwa tangkapan layar telah berhasil diambil. Biasanya, hasil tangkapan layar akan muncul dalam jendela kecil di pojok bawah kiri layar.

Pastikan untuk tidak melepaskan kedua tombol sebelum layar berkedip. Jika layar tidak berkedip, itu menunjukkan bahwa pengambilan tangkapan layar gagal, mungkin karena tekanan tombol yang kurang tepat.

Jika tiba-tiba muncul menu untuk mematikan ponsel, itu bisa mengindikasikan bahwa Anda telah menekan tombol terlalu lama atau mungkin hanya menekan tombol daya saja. Pastikan bahwa semua tombol fisik di HP Realme Anda berfungsi dengan baik.

Menggunakan Ikon di Kontrol Panel

Cara berikutnya untuk mengambil tangkapan layar di Realme adalah dengan menggunakan ikon screenshot yang telah disediakan di panel kontrol. Metode ini cukup nyaman dan lebih mudah daripada harus menekan tombol secara bersamaan.

Berikut langkah-langkahnya:

1. Tampilkan apa yang ingin Anda tangkap dalam layar HP Realme Anda.

2. Buka panel kontrol dengan menarik layar dari atas ke bawah. Cari ikon tangkapan layar yang tersedia. Beberapa ponsel Android menampilkan ikon seperti gunting, sedangkan yang lain mungkin menampilkan lembaran kertas.

3. Untuk versi dalam bahasa Indonesia, ikon ini biasanya disebut "Cuplikan Layar".

4. Jika Anda tidak menemukan ikon tangkapan layar, cek pengaturan panel kontrol. Mungkin ikon tangkapan layar belum diaktifkan. Anda bisa mengaturnya agar ikon tangkapan layar muncul di panel kontrol.

5. Ketika Anda menyentuh ikon tersebut, tangkapan layar akan diambil secara otomatis, dan layar HP akan berkedip.

Dengan metode ini, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar di Realme tanpa harus menggunakan tombol fisik.

Screenshot Panjang di Realme 10

Biasanya, ketika tangkapan layar berhasil diambil, akan muncul notifikasi atau tampilan kecil di sudut kiri bawah layar. Di bagian bawah tampilan ini, Anda akan menemukan opsi untuk melakukan tangkapan layar panjang, mengedit hasil tangkapan layar, atau berbagi tangkapan layar.

Anda dapat memilih opsi sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk melakukan tangkapan layar panjang, pastikan bahwa konten yang ingin Anda tangkap memang dapat digulir ke bawah.

Dalam mengedit hasil tangkapan layar, pilihan yang tersedia relatif sederhana, seperti memotong gambar agar hasil tangkapan layar lebih fokus pada bagian yang diinginkan.

Menggunakan 3 Jari

Dengan chipset MediaTek Helio G99 yang kuat, Realme 10 memungkinkan Anda untuk bermain game atau menjalankan banyak aplikasi sekaligus dengan lancar. Terkadang, Anda mungkin menemukan sesuatu yang menarik dan ingin menyimpannya dalam bentuk tangkapan layar.

Jika Anda kesulitan menekan tombol fisik untuk mengambil tangkapan layar, Anda dapat mencoba langkah-langkah berikut:

1. Langkah pertama adalah mengaktifkan fitur Gesture terlebih dahulu.

2. Masuk ke Pengaturan, lalu pilih Alat Serba Guna, dan kemudian pilih Gesture dan Gerakan.

3. Pilih opsi Screenshot, dan aktifkan opsi Slide 3 jari ke bawah.

4. Untuk mengambil tangkapan layar, cukup geser tiga jari Anda di layar dari atas ke bawah.

5. Ketika tangkapan layar berhasil diambil, ponsel akan bergetar atau Anda akan mendengar suara seperti saat menekan tombol kamera.

6. Hasil tangkapan layar akan secara otomatis tersimpan di galeri dalam album khusus untuk tangkapan layar.

Screenshot Sebagian dengan Tiga Jari

Tidak hanya untuk mengambil tangkapan layar seluruh tampilan layar, fitur tiga jari juga dapat digunakan untuk mengambil tangkapan layar hanya sebagian area tertentu. Berikut adalah cara mengaktifkan dan menggunakan fitur ini.

1. Langkah pertama adalah mengaktifkan fitur ini.

2. Masuk ke Pengaturan, lalu pilih Setelan Tambahan, dan kemudian pilih Pintasan Tombol.

3. Pilih opsi Screenshot Sebagian, dan aktifkan fitur ini.

4. Untuk mengambil tangkapan layar sebagian, cukup sentuh layar dengan tiga jari Anda di area yang ingin Anda tangkap.

5. Setelah Anda menyentuh layar, akan muncul sebuah kotak yang memungkinkan Anda untuk menyesuaikan area tangkapan layar. Anda dapat mengubah bentuk hasil tangkapan layar menjadi lingkaran atau persegi sesuai dengan preferensi Anda. Setelah menyesuaikan area, klik tanda centang di atas layar.

6. Hasil tangkapan layar akan secara otomatis tersimpan di galeri dalam album khusus untuk tangkapan layar.

Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar hanya dari area tertentu yang Anda inginkan di Realme 10.

Baca juga : Cara Menghilangkan Penerusan Panggilan HP Vivo

Menggunakan Bilah Samping Cerdas

Selain beberapa metode screenshot yang telah dijelaskan sebelumnya, ada cara lain yang lebih mudah dan cepat dalam mengambil tangkapan layar di Realme, yaitu menggunakan fitur "Bilah Samping Cerdas". Metode ini dianggap lebih sederhana karena tidak memerlukan penggunaan tombol fisik atau gerakan tangan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Langkah pertama adalah mengaktifkan fitur Bilah Samping Cerdas melalui pengaturan ponsel Realme. Buka Pengaturan ponsel, lalu pilih "Fitur Khusus".

2. Pilih opsi "Bilah Samping Cerdas". Beberapa ponsel Realme mungkin memiliki fitur ini di bawah menu lain, seperti "Alat Serbaguna". Namun, yang pasti, fitur "Bilah Samping Cerdas" ada pada ponsel Realme.

3. Setelah mengaktifkan fitur ini, akan muncul ikon berbentuk garis di sisi kanan layar.

4. Geser garis ini ke arah kiri untuk mengungkapkan beberapa tombol pintasan, salah satunya adalah tombol untuk mengambil tangkapan layar.

5. Tombol pintasan untuk tangkapan layar biasanya berbentuk gambar layar. Jika Anda tidak menemukannya, Anda dapat menambahkan atau mengurangi tombol pintasan dengan mudah.

6. Untuk mengambil tangkapan layar menggunakan fitur ini, cukup masuk ke tampilan layar yang ingin Anda abadikan. Setelah itu, ketuk ikon pada Bilah Samping Cerdas. Dengan ini, tangkapan layar dapat diambil dengan cepat dan mudah.

Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot di Realme tanpa harus menggunakan tombol fisik atau melakukan gerakan tangan yang rumit.

Demikianlah beberapa metode yang bisa Anda coba sebagai pengguna HP Realme ketika ingin mengambil tangkapan layar. Semoga panduan ini bermanfaat untuk Anda dalam mengambil tangkapan layar di Realme 10.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.