Cara Screenshot di HP Oppo A57 dengan Mudah

Cara Screenshot di HP Oppo A57

Kadang-kadang saat menjelajah web atau mengirim pesan, Anda menemukan informasi penting yang perlu disimpan. Salah satu cara yang mudah dan praktis untuk melakukannya adalah dengan mengambil tangkapan layar pada ponsel Anda. Hasil tangkapan layar ini akan otomatis tersimpan di galeri ponsel Anda.

Jika Anda menggunakan HP OPPO A57, ada berbagai metode yang dapat Anda gunakan untuk mengambil tangkapan layar. HP ini memiliki spesifikasi yang cocok untuk multitasking, memungkinkan Anda menyimpan informasi penting saat bekerja atau bermain game.

Kami akan menjelaskan beberapa cara untuk mengambil tangkapan layar pada ponsel OPPO A57, sehingga Anda dapat mencobanya sendiri. Berikut adalah panduan tentang cara mengambil tangkapan layar di OPPO A57.

Baca juga : Cara Membuka Pola HP OPPO yang Lupa

Cara Screenshot OPPO A57 Menggunakan Tombol

OPPO A57 hadir dengan sistem operasi Android terbaru, yaitu Android 12. Sistem ini membawa sejumlah fitur bermanfaat, salah satunya adalah cara mudah dan cepat untuk mengambil tangkapan layar. Pada umumnya, pada perangkat Android, Anda dapat mengambil tangkapan layar dengan menekan tombol fisik.

Cara ini juga berlaku untuk OPPO A57. Untuk memastikan Anda melakukannya dengan benar, berikut adalah langkah-langkah sederhana untuk mengambil tangkapan layar dengan cepat dan mudah.

Menekan Tombol Power + Volume Bawah

Pergi ke halaman atau tampilan layar yang ingin Anda tangkap gambarannya. Pastikan Anda berada di tampilan yang tepat sebelum melanjutkan.

Untuk mengambil tangkapan layar, tekan dan tahan tombol daya (power) dan tombol volume bawah secara bersamaan pada sisi perangkat Anda.

Tahan kedua tombol tersebut hingga layar berkedip atau tampak seperti berkilauan. Ini menandakan bahwa tangkapan layar telah berhasil diambil. Beberapa ponsel OPPO akan menampilkan efek kilatan putih saat proses ini terjadi.

Jika tiba-tiba muncul menu untuk mematikan ponsel, itu mungkin menandakan Anda menekan tombol terlalu lama atau mungkin kedua tombol tersebut tidak ditekan secara bersamaan. Pastikan untuk menekan keduanya secara bersamaan.

Biasanya, setelah berhasil mengambil tangkapan layar, Anda akan menerima pemberitahuan. Anda dapat melihat hasil tangkapan layar dengan masuk ke galeri pada ponsel Anda. Hasil tangkapan layar mungkin akan muncul dalam album gambar atau album tangkapan layar, tergantung pada sistem Android yang digunakan pada ponsel Anda.

Menekan Tombol Power + Volume Atas

Pergi ke halaman atau tampilan layar yang ingin Anda tangkap gambarannya. Pastikan Anda berada di tampilan yang tepat sebelum melanjutkan.

Selain menekan tombol daya dan tombol volume bawah, pada OPPO A57 Anda juga dapat menggunakan tombol daya dan tombol volume atas untuk mengambil tangkapan layar. Cara ini serupa, tetapi menawarkan fitur yang lebih lengkap.

Dengan cara ini, Anda akan melihat sebuah kotak pintasan yang memungkinkan Anda untuk memilih area tangkapan layar, melanjutkan ke halaman berikutnya, atau menyimpan hasil tangkapan. Fitur-fitur ini berguna jika Anda ingin mengambil tangkapan layar yang lebih panjang atau memiliki opsi lainnya.

Jika dua metode di atas tidak berhasil, jangan khawatir. Masih ada banyak cara lain untuk mengambil tangkapan layar di OPPO A57.

Biasanya, setelah berhasil mengambil tangkapan layar, Anda akan menerima pemberitahuan. Anda dapat memeriksa hasil tangkapan layar dengan masuk ke galeri pada ponsel Anda. Hasil tangkapan layar mungkin akan muncul dalam album gambar atau album tangkapan layar, tergantung pada sistem Android yang digunakan pada ponsel Anda.

Cara Screenshot OPPO A57 dengan Ikon di Bilah Notifikasi

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, sistem Android memiliki berbagai cara yang berbeda untuk mengambil tangkapan layar. Jika Anda tidak ingin menggunakan tombol fisik, Anda juga dapat mengambil tangkapan layar dengan menggunakan ikon screenshot yang sudah disediakan dalam bar notifikasi.

Berikut adalah panduan langkah demi langkah:

  • Tentukan apa yang ingin Anda tangkap di layar HP OPPO.
  • Tarik layar dari atas ke bawah untuk membuka bar notifikasi. Cari ikon screenshot, yang bisa berbentuk gunting atau lembaran kertas, tergantung pada perangkat Android Anda.
  • Jika Anda tidak melihat ikon screenshot, mungkin perlu memeriksa pengaturan bar notifikasi. Kadang-kadang, ikon screenshot perlu diaktifkan. Anda dapat mengatur ulang pengaturan bar notifikasi untuk memunculkan ikon screenshot.
  • Ketika Anda mengetuk ikon screenshot, tangkapan layar akan diambil secara otomatis. Hasil tangkapan layar akan disimpan di galeri ponsel Anda.

Metode ini dianggap sebagai cara yang paling nyaman untuk mengambil tangkapan layar karena tidak memerlukan tekanan berulang pada tombol fisik ponsel Anda, yang dapat menghindari kerusakan pada tombol tersebut.

Cara Screenshot OPPO A57 dengan Tiga Jari

Meskipun OPPO A57 ditawarkan dengan harga terjangkau, ponsel ini juga dilengkapi dengan sejumlah fitur mewah. Salah satu fitur yang menarik dan berguna adalah fitur Gesture.

Dengan fitur ini, Anda dapat mengambil tangkapan layar dengan mudah hanya dengan melakukan gerakan di layar HP OPPO. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Aktifkan fitur Gesture terlebih dahulu.
  • Masuk ke pengaturan dan pilih opsi "Gesture & Motion".
  • Selanjutnya, pilih "Screenshot" dan aktifkan opsi tersebut.
  • Untuk mengambil tangkapan layar, cukup gerakkan tiga jari Anda di layar dari atas ke bawah.

Setelah berhasil mengambil tangkapan layar, layar akan berkedip atau Anda akan mendengar suara seperti klik kamera. Hasil tangkapan layar akan disimpan secara otomatis di galeri.

Cara Screenshot OPPO A57 Menggunakan Aplikasi

Jika Anda merasa bahwa metode-metode sebelumnya untuk mengambil tangkapan layar kurang memuaskan, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi tangkapan layar yang tersedia di Play Store. Di bawah ini, kami akan memberikan beberapa rekomendasi aplikasi tangkapan layar gratis yang dapat Anda gunakan pada smartphone OPPO A57.

1. Screenshot Touch

Screenshot Touch adalah salah satu aplikasi gratis yang dapat digunakan untuk mengambil tangkapan layar di OPPO A57. Aplikasi ini menyediakan beragam fitur yang dapat meningkatkan kualitas dan hasil tangkapan layar Anda. Tidak heran bahwa aplikasi ini cukup populer dan telah banyak diunduh melalui Play Store.

Setelah menginstal aplikasi, Anda cukup membukanya dan mengatur preferensi sesuai kebutuhan Anda. Anda akan diarahkan ke halaman utama yang menyediakan berbagai opsi, termasuk fitur "shaking" dan "delay."

Fitur "shaking" memungkinkan Anda untuk mengambil tangkapan layar dengan menggoyangkan ponsel. Sementara fitur "delay" memungkinkan Anda mengatur seberapa lama jeda waktu sebelum tangkapan layar diambil.

Setelah mengaktifkan fitur-fitur yang Anda inginkan, Anda dapat memilih "start capture monitoring service" dan kemudian "start now." Jika tangkapan layar berhasil diambil, Anda akan menerima pemberitahuan dan perangkat Anda akan bergetar.

Baca juga : Cara Mengatasi Data Seluler yang Tidak Muncul di Ponsel

2. Screenshot X

Screenshot X adalah salah satu aplikasi tangkapan layar Android yang memiliki ukuran kecil dan antarmuka yang sederhana.

Yang menarik dari aplikasi ini adalah Anda tidak perlu banyak mengatur setelah menginstal dan membuka aplikasi ini. Anda hanya perlu mengetuk "start now" di halaman utama aplikasi.

Ketika Anda menekan "start now", akan muncul sebuah kotak berbentuk lingkaran di layar. Kotak ini digunakan untuk mengambil tangkapan layar.

Untuk menggunakannya, cukup arahkan ke halaman web atau tampilan layar yang ingin Anda tangkap, dan kemudian tekan kotak berbentuk lingkaran tersebut. Layar akan berkedip sebagai tanda bahwa tangkapan layar telah berhasil diambil.

Selain kedua aplikasi yang telah dijelaskan di atas, ada banyak aplikasi tangkapan layar lain yang dapat Anda coba. Untuk menemukannya, Anda bisa membaca artikel "Deretan Aplikasi Screenshot di Android".

Dengan demikian, Anda telah mengetahui cara umum dan cara khusus untuk mengambil tangkapan layar jika Anda pengguna OPPO A57. Semoga informasi ini bermanfaat ketika Anda perlu mengambil tangkapan layar di OPPO A57 Anda.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.