8 Cara Mengatasi HP Android yang Sering Mati Sendiri, Dijamin Berhasil!

Smartphone telah menjadi barang yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Hampir semua orang memiliki smartphone karena alat ini membuat aktivitas manusia menjadi lebih mudah.

cara mengatasi hp mati sendiri

Dengan smartphone, kita dapat berkomunikasi, bersosial media, berbelanja online, dan belajar dengan lebih mudah. Namun, penggunaan smartphone yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat.

Salah satu masalah yang sering dialami pengguna adalah HP mati sendiri secara tiba-tiba, padahal baterai masih penuh. Masalah ini sangat mengganggu, terutama jika terjadi dalam situasi yang genting.

Penyebab HP mati sendiri bisa bermacam-macam, mulai dari error pada sistem hingga gangguan perangkat. Untuk mengatasi masalah tersebut, simak ulasan berikut.

Baca juga : Cra Copy Teks Dari Gambar Tanpa Aplikasi

Penyebab HP Android Mati Sendiri

Selain penyebab yang telah disebutkan sebelumnya, ada beberapa alasan lain mengapa HP bisa mati secara tiba-tiba dan tidak dapat dinyalakan lagi. Berikut beberapa di antaranya.

1. Reset Perangkat Internal

Ada beberapa faktor yang dapat membuat HP mati sendiri, dan salah satunya adalah reset pada perangkat internal HP. Sistem kadang mati sendiri setelah penggunaan yang lama, untuk memuat ulang memorinya.

Ini adalah hal yang normal dan tidak membahayakan HP Anda. Sebaiknya, sesekali lakukan restart HP setelah beberapa hari penggunaan untuk mengatur ulang sistem dan menghapus cache aplikasi, sehingga perangkat dapat berjalan dengan lancar.

2. Overheat

CPU dapat disebut sebagai "otak" dari HP, yang memungkinkannya untuk menjalankan berbagai aplikasi. Jika CPU HP terpaksa bekerja terlalu keras atau dalam waktu yang lama, itu dapat membuat performa HP rentan untuk mati secara otomatis.

Jika Anda mengalami masalah ini setelah menginstal aplikasi baru, coba uninstall aplikasi tersebut dan restart HP untuk memeriksa apakah itu penyebab masalahnya.

Alternatifnya, Anda dapat mencoba membekukan beberapa aplikasi satu per satu dan melakukan restart HP untuk memeriksa apakah masalahnya sudah teratasi. Anda dapat membekukan aplikasi dengan memindahkannya ke dalam aplikasi pembeku di layar beranda pada HiOS dan XOS.

3. Baterai Rusak

Ada kemungkinan baterai mengalami kerusakan dan aliran arus yang tidak tepat, yang dapat menyebabkan HP mati secara otomatis.

Untungnya, melihat status baterai hampir semua smartphone bisa dilakukan dengan menggunakan kode dialer rahasia.

Buka aplikasi panggilan dan masukkan kode ##4636##. Anda akan langsung dibawa ke halaman detail ponsel, lalu ketuk "Informasi baterai" di sini.

Pastikan "Kesehatan Baterai" dalam kondisi "Baik". Jika tidak, Anda harus segera mengganti baterai untuk menghindari HP mati mendadak.

Jika kode ini tidak berfungsi, Anda dapat menggunakan aplikasi AccuBattery untuk melihat status baterai. Aplikasi ini dapat menunjukkan status baterai dan membantu memperpanjang masa pakai baterai.

4. Daya Baterai Melemah

Seperti yang kita semua tahu, baterai adalah salah satu komponen terpenting dari HP.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memeriksa apakah baterai memiliki daya yang mencukupi atau tidak. Jika baterai memiliki daya yang kurang, ini bisa menjadi penyebab seringnya HP mati.

Salah satu solusinya adalah mengisi daya baterai HP hingga penuh. Namun, jika HP masih tidak berfungsi dengan baik, kemungkinan ada masalah lain yang terkait dengan baterai HP Anda.

Baterai Anda mungkin mengalami kerusakan dan perlu diperiksa serta diganti di service center. Jangan mencoba membongkar baterai internal sendiri, karena hal ini dapat merusak seluruh perangkat smartphone.

5. Tombol Power Tidak Responsif

Penyebab lainnya mungkin adalah tombol daya power yang macet atau tidak berfungsi dengan baik, sehingga menyebabkan HP mati.

Untuk mengatasinya, tekan tombol power beberapa kali dan pastikan tombol tersebut berfungsi dengan lancar. Tombolnya harus terasa halus saat ditekan dan kembali ke posisi semula saat dilepaskan.

Jika tombol power masih terasa tersangkut di dalam, Anda dapat menggunakan pinset atau alat serupa untuk menariknya keluar.

6. Memori Penuh

Game yang berat atau memori yang tidak mencukupi untuk menjalankan operasi juga bisa menyebabkan HP mati secara otomatis.

Jika smartphone Anda mati sendiri setelah bermain game berat atau menggunakan banyak aplikasi, coba batasi jumlah aplikasi yang digunakan pada saat yang sama agar HP tetap berjalan dengan lancar.

Anda juga dapat menghapus aplikasi terbaru untuk mengosongkan ruang dan memberikan waktu istirahat pada smartphone setelah digunakan selama berjam-jam.

7. Kerusakah pada Firmware

Salah satu fungsi firmware pada smartphone adalah untuk meningkatkan kinerja perangkat keras serta memperbaiki bug atau kesalahan sistem.

Selain kerusakan perangkat keras, gangguan perangkat lunak dan kesalahan firmware juga bisa menyebabkan perangkat smartphone mati secara otomatis.

Pabrikan smartphone terus bekerja keras untuk memperbaiki bug firmware yang dapat membuat perangkat berjalan lambat, menguras baterai, bahkan menyebabkan ketidakstabilan sistem.

Karena itu, sangat penting untuk memperbarui perangkat Anda secara teratur. Langkah ini dapat membantu mencegah masalah mati mendadak setelah melakukan pembaruan.

Untuk memeriksa dan melakukan pembaruan di perangkat Anda, buka Pengaturan pada aplikasi yang telah terpasang di HP, lalu gulir ke bawah hingga menemukan Sistem di bagian bawah halaman.

Kemudian, ketuk Pembaruan Sistem untuk memeriksa pembaruan versi terbaru.

Selanjutnya, ikuti petunjuk di layar untuk mengunduh dan memasang pembaruan sistem, jika ada pembaruan yang tersedia.

Pastikan Anda terhubung ke jaringan WiFi sebelum mengunduh untuk menghemat kuota data internet.

Selain itu, pastikan Anda hanya menggunakan aplikasi Pembaruan Sistem seperti yang dijelaskan di atas. Upaya untuk memperbarui perangkat menggunakan cara lain dapat berisiko merusak HP dan mengakibatkan pembatalan garansi.

8. Handphone Menjadi Panas

Ketika perangkat menjadi panas hingga dapat merusak komponen, HP dapat mati secara otomatis. Bahkan, hal ini bisa terjadi saat Anda tidak menggunakan HP.

Solusinya adalah membiarkan HP selama beberapa menit untuk menurunkan suhu panas pada perangkat internal HP atau baterai.

Cara Mengatasi HP Mati Secara Otomatis

Setelah mengetahui penyebabnya, berikut adalah solusi yang dapat Anda coba untuk mengatasi masalah HP yang mati mendadak.

1. Clear Cache

Cara yang sederhana namun efektif untuk mengatasi HP yang tiba-tiba mati adalah dengan menghapus cache HP Android. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu Settings di HP Anda.
  • Gulir ke bawah dan masuk ke menu Device Management atau Penyimpanan.
  • Ketuk Optimalkan Sekarang dan biarkan proses berjalan hingga selesai.
  • Dengan begitu, cache dan file sampah akan terhapus.

Jika HP Anda tidak memiliki menu tersebut, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menghapus cache dan file sampah. Hal ini akan membantu meningkatkan ruang penyimpanan HP Anda.

2. Hapus Aplikasi yang Tidak Berguna

Ruang penyimpanan yang semakin menipis dapat menyebabkan penurunan performa ponsel, bahkan bisa menyebabkan masalah HP mati mendadak.

Untuk mengembalikan performa HP ke kondisi normal, cobalah menghapus aplikasi-aplikasi yang dianggap tidak terpakai atau tidak penting. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu Pengaturan smartphone.
  • Gulir ke bawah lalu pilih Manager App.
  • Cari aplikasi yang tidak penting.
  • Pilih Uninstall.
  • Selesai.

Ulangi langkah-langkah di atas untuk beberapa aplikasi lainnya yang dianggap tidak penting.

3. Kalibrasi Baterai HP

Cara selanjutnya adalah dengan melakukan kalibrasi pada baterai HP. Jika kinerja baterai Anda sudah tidak terlalu baik, maka cara ini patut dicoba.

Berikut adalah langkah-langkah kalibrasi baterai HP Android:

  • Gunakan HP sampai baterai benar-benar habis dan HP mati.
  • Nyalakan kembali ponsel sampai masuk pada bagian sistem.
  • Biarkan HP mati kembali seperti sebelumnya.
  • Selanjutnya, sambungkan charger HP hingga penuh 100%.
  • Setelah itu, coba nyalakan kembali HP dan gunakan lagi sampai baterai habis.
  • Kemudian, charger HP sampai penuh kembali.
  • Berikutnya, hidupkan HP dan masuk ke Pengaturan > Perawatan Perangkat.
  • Pilih menu Baterai lalu masuk ke opsi Penggunaan Baterai.
  • Di sini, Anda akan dapat melihat status baterai.

4. Pastikan RAM Tidak Sampai Penuh

Selain ruang penyimpanan, RAM juga memainkan peran penting dalam mendukung performa HP. Jika penggunaan RAM mencapai kapasitas penuh, maka operasi yang diinginkan akan sulit dilakukan.

Penggunaan RAM yang penuh juga dapat menyebabkan bug yang membuat HP Android mati sendiri. Oleh karena itu, untuk memastikan RAM tidak penuh, Anda harus menghentikan beberapa aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka Pengaturan pada HP Anda.
  • Buka menu Manager App atau cari di bagian menu Lainnya.
  • Pilih RAM. Di sini, Anda akan melihat daftar aplikasi yang sedang berjalan dan sisa RAM yang tersedia.
  • Pilih salah satu aplikasi, kemudian klik tombol Force Stop atau paksa berhenti.
  • Lakukan hal yang sama untuk aplikasi lain yang jarang digunakan.

5. Pastikan Suhu HP Tidak Terlalu Panas

Overheat juga merupakan salah satu masalah serius yang dapat membuat HP mati mendadak. HP yang terlalu panas dapat mempengaruhi kinerja secara keseluruhan.

Ketika HP terlalu panas, itu dapat menyebabkan mati mendadak. Suhu normal HP seharusnya berkisar antara 30-35 derajat Celsius. Jika suhu melebihi angka tersebut, dapat dipastikan HP mengalami overheat.

Untuk mencegah overheat, Anda harus menjaga HP agar tidak terlalu panas dengan cara tidak bermain game terlalu lama, menghindari pengisian daya sambil menggunakan HP, dan sebagainya.

Anda juga dapat mendownload dan menginstall aplikasi pendingin HP Android untuk menjaga performa tetap normal.

6. Reset HP Android

Reset HP atau memformatnya merupakan salah satu cara yang cukup efektif untuk mengatasi HP yang mati sendiri.

Dengan mengembalikan HP ke pengaturan pabrik, diharapkan semua error akan terhapus dan performa ponsel akan kembali normal seperti saat baru membelinya.

Namun, sebelum melakukan reset, pastikan untuk melakukan backup data terlebih dahulu agar tidak kehilangan file dan data yang penting di HP.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu Pengaturan HP.
  • Gulir ke bawah dan pilih Pengaturan Lanjutan.
  • Cari dan pilih Backup & Reset.
  • Tekan tombol Reset all settings.
  • Biarkan proses format berjalan hingga selesai.

7. Unroot HP

Ini mungkin juga menjadi penyebab utama kenapa HP Android mati sendiri secara tiba-tiba, yaitu karena HP di-root. Meskipun tidak semua, namun beberapa HP dapat mengalami error setelah di-root.

Untuk mengatasi HP yang mati, silakan Anda unroot ponsel Anda. Dengan begitu, sistem HP akan kembali seperti semula dan normal kembali. Jika perlu, lakukan reset HP agar error benar-benar hilang.

Anda bisa melihat cara unroot HP Android di YouTube yang sudah cukup banyak tersedia.

Baca juga : Cara Menghilangkan Penerusan Panggilan di HP Vivo

8. Service HP Android

Apabila semua cara di atas masih tidak berhasil, maka langkah terakhir adalah membawa HP ke tempat service.

Di sana, teknisi akan memeriksa komponen atau bagian mana yang mengalami masalah. Jika diperlukan, mereka akan menggantinya dengan komponen yang baru.

Biaya servis biasanya berkisar antara Rp50-Rp100 ribu untuk kerusakan sistem dan Rp200-Rp500 ribu untuk penggantian komponen.

Kesimpulan

Mengapa HP sering mati secara tiba-tiba?

Ada beberapa penyebab yang bisa membuat HP sering mati secara tiba-tiba, seperti daya baterai yang lemah, CPU HP yang overheat, baterai yang rusak, tombol power yang macet, memori yang penuh, hingga adanya kerusakan pada firmware.

Mengapa HP mati tiba-tiba padahal baterai masih penuh?

HP yang mati tiba-tiba padahal baterai masih penuh bisa disebabkan oleh baterai yang rusak atau aliran arus yang tidak tepat.

Untungnya, hampir semua smartphone memiliki cara mudah untuk memeriksa status baterai melalui kode dialer rahasia.

Untuk melakukannya, buka aplikasi panggilan dan ketik kode ##4636##. Ini akan membawa Anda ke halaman detail ponsel di mana Anda dapat mengetuk "Informasi baterai" dan memeriksa kondisi "Kesehatan Baterai". Jika kondisinya selain "Baik", Anda harus segera mengganti baterai untuk mencegah HP mati tiba-tiba.

Jika kode tersebut tidak berhasil, Anda dapat menggunakan aplikasi Android AccuBattery untuk memeriksa status baterai. Selain menunjukkan status baterai, aplikasi ini juga dapat membantu memperpanjang masa pakai baterai.

Bagaimana cara mengatasi HP yang mati tiba-tiba?

Cara mengatasi HP yang mati tiba-tiba harus disesuaikan dengan penyebabnya. Sebagai contoh, jika HP mati tiba-tiba akibat CPU yang overheat, hapus aplikasi-aplikasi yang berat.

Alternatifnya, Anda bisa mencoba mematikan sementara (freezing) aplikasi-aplikasi tersebut satu per satu. Kemudian hidupkan kembali ponsel untuk memeriksa apakah masalahnya sudah teratasi atau belum.

Anda dapat mematikan sementara aplikasi dengan memindahkannya ke dalam aplikasi freezer yang tersedia di layar beranda pada sistem operasi HiOS dan XOS.