3 Cara Mengganti Font Oppo F7 dengan Mudah dan Cepat

Smartphone Oppo memiliki berbagai fitur yang mempermudah aktivitas sehari-hari penggunanya. Salah satu fitur menarik yang tersedia di Oppo F7 adalah Font Style.

Oppo F7 hadir dengan spesifikasi yang menarik, tersedia dalam varian RAM 4GB dan 6GB yang dipadukan dengan prosesor octa-core kelas menengah dari chipset Mediatek Helio P60 dan dukungan GPU Mali-G72 MP3 untuk performa grafis yang baik.

Selain fokus pada sektor kamera, Oppo F7 juga menampilkan desain yang lebih modern dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Ponsel ini memiliki layar berukuran 6,23 inci dengan teknologi panel IPS LCD dan resolusi FHD+, serta aspek rasio 19:9.

Oppo F7 adalah smartphone pertama dari seri F yang menggunakan desain layar dengan poni. Di bagian depan, terlihat poni yang menampung kamera depan pada sistem operasi Android 8.1 Oreo.

Seperti yang diketahui, ColorOS adalah versi Android yang telah disesuaikan oleh Oppo dengan berbagai perubahan untuk membedakannya dari ponsel merek lain. Salah satu fitur yang tersedia di ponsel Oppo adalah kemampuan untuk mengubah tema dan font.

Cara Mengganti Font OPPO F7

Mengganti Font OPPO F7

Oppo menyediakan beberapa jenis font bawaan yang memungkinkan pengguna untuk mengubah tampilan sesuai dengan preferensi mereka. Font-font ini dapat ditemukan di aplikasi Theme Store.

Selain menggunakan Theme Store, pengguna Oppo F7 juga dapat mengubah font dengan menggunakan aplikasi tambahan yang tersedia di Play Store seperti zFont, zMod, iMod Pro, dan lainnya.

Bagi yang tertarik untuk mencoba mengganti font di Oppo F7, berikut adalah tutorialnya yang dapat diikuti.

1. Melalui Pengaturan

Cara mengubah font pada Oppo F7 melalui menu pengaturan adalah metode yang sederhana tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan. Berikut adalah langkah-langkahnya secara detail.

  • Buka menu Pengaturan pada Oppo F7.
  • Ketuk opsi "Layar dan Kecerahan".
  • Pilih opsi "Font". Di sini, Anda akan melihat beberapa pilihan font yang tersedia.
  • Pilih salah satu font yang Anda sukai untuk diterapkan pada sistem.

Penting untuk diketahui, jika Anda memilih font premium, Anda hanya dapat mengujinya selama 5 menit. Setelah itu, font akan kembali ke pengaturan semula. Untuk membuat font uji coba menjadi permanen, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikutnya.

Dengan menggunakan fitur ini, pengguna dapat dengan mudah menyesuaikan tampilan teks pada Oppo F7 sesuai dengan preferensi mereka tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan. Ini adalah salah satu keunggulan ColorOS yang memungkinkan pengalaman personalisasi yang lebih dalam dari pada sistem operasi Android standar.

2. Mengubah Font Premium Jadi Permanen

Font Premium OPPO F7 Jadi Permanen

Jika Anda memilih font premium di Oppo F7, secara otomatis hanya dapat digunakan selama lima menit. Namun, jika Anda ingin membuat font tersebut tetap permanen tanpa biaya tambahan, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Pertama, install aplikasi iMod Pro APK 1.3.4 pada Oppo F7 Anda.
  • Pilih salah satu font premium dari Theme Store, Unduh, dan Terapkan uji coba selama 5 menit.
  • Setelah itu, tutup Theme Store dengan menekan tombol menu.
  • Selanjutnya, buka aplikasi iMod Pro yang telah diinstal.
  • Ketuk ikon bulat warna biru yang terletak di bagian atas aplikasi iMod Pro.
  • Secara otomatis, font yang Anda pilih akan menjadi permanen.

Penting untuk dicatat bahwa langkah menutup Theme Store harus dilakukan dengan benar. Pastikan untuk menutupnya dengan menekan tombol menu atau recent apps dengan tepat, sesuai petunjuk yang ada pada gambar di atas.

Dengan menggunakan aplikasi iMod Pro, Anda dapat mengubah font menjadi permanen tanpa harus membayar untuk font premium yang biasanya hanya tersedia sebagai uji coba. Ini adalah cara yang efektif untuk mengpersonalisasi tampilan teks pada Oppo F7 sesuai dengan preferensi Anda.

3. Dengan Aplikasi zFont3

zFont

Menurut saya, font yang tersedia di Theme Store Oppo seringkali terbatas, sehingga pengguna dapat mempertimbangkan untuk menambahkan font dari pihak ketiga seperti zFont. Berikut adalah langkah-langkah lengkapnya:

  • Buka Pengaturan pada Oppo F7.
  • Pilih opsi Bahasa & Wilayah dan ubah wilayah ke Myanmar. Ini diperlukan karena zFont dapat mengakses lebih banyak opsi font di wilayah tersebut.
  • Selanjutnya, instal aplikasi zFont3 dari Google Play Store.
  • Buka aplikasi zFont dan ketuk opsi Stylish atau Colors untuk mengakses koleksi font berwarna.
  • Pilih salah satu font yang Anda sukai, lalu klik tombol Download dan kemudian Set untuk mengaplikasikannya.
  • Setelah proses instalasi selesai, pilih OK dan aktifkan opsi Izinkan aplikasi dari sumber ini di Pengaturan Oppo.
  • Setelah itu, ketuk Change Font untuk menerapkan font yang baru diinstal.
  • Buka Pengaturan lagi, pilih Layar & Kecerahan, dan aktifkan Dukungan karakter Dai.

Perlu diingat, dengan mengubah wilayah ke Myanmar untuk mengakses font zFont, jam pada ponsel akan otomatis berubah sesuai dengan zona waktu Myanmar. Setelah selesai mengubah font, pastikan untuk mengatur kembali zona waktu sesuai dengan lokasi Anda. Anda dapat melakukannya dengan membuka Pengaturan, memilih Fitur Tambahan, dan kemudian Tanggal dan Waktu.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, pengguna Oppo F7 dapat memperluas pilihan font mereka dengan menambahkan font dari pihak ketiga melalui zFont, yang memberikan lebih banyak variasi dan personalisasi dalam tampilan teks pada perangkat mereka.

Cara Mengembalikan Font Default OPPO F7

Jika Anda ingin mengembalikan font HP Oppo F7 ke kondisi semula, ikuti panduan berikut:

  • Buka Theme Store.
  • Pilih opsi Saya yang terletak di bagian bawah.
  • Pilih Sumber Dayaku.
  • Klik pada Huruf atau Font.
  • Selanjutnya, pilih Default Font.

Dengan langkah-langkah ini, font akan kembali ke font bawaan yang ada di Oppo F7 Anda.

Metode ini cukup praktis karena tidak memerlukan proses rooting. Anda dapat mengubah font dari uji coba menjadi permanen secara gratis.

Pilihan untuk mengubah font ini dapat disesuaikan dengan selera masing-masing pengguna. Jika Anda memiliki cara lain untuk mengganti font di HP Oppo F7, silakan tuliskan di kolom komentar di bawah artikel ini.

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.