3 Cara Cek Kesehatan Baterai HP Samsung A03, A03s

Umumnya, perangkat Android menyediakan berbagai informasi terkait konsumsi baterai, namun jarang memiliki fitur bawaan untuk mengevaluasi secara mendalam kondisi kesehatan baterai. Namun, Samsung membedakan dirinya dengan menyertakan fitur Pengecekan Baterai dalam antarmuka One UI mereka.

Cek Kesehatan Baterai Samsung

Fitur ini mirip dengan "Battery Health" yang ditemukan pada iOS untuk iPhone, yang menunjukkan persentase kesehatan baterai secara terperinci.

Baterai jenis Lithium, yang digunakan pada hampir semua ponsel saat ini, cenderung mengalami degradasi seiring waktu. Hal ini mengakibatkan penurunan kapasitas pengisian serta jumlah siklus pengisian yang dapat dilakukan ulang.

Pada tutorial kali ini, Teknoindie akan membahas metode sederhana untuk memeriksa kesehatan baterai Samsung atau estimasi masa pakai baterai tanpa perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga.

Cara Memeriksa Kesehatan Baterai Samsung A03 Series

Jika Anda ingin mengetahui kondisi kesehatan baterai ponsel Samsung, menggunakan aplikasi Samsung Members adalah cara tercepat untuk memeriksanya. Selain itu, terdapat opsi lain melalui fitur Perawatan Perangkat dan Baterai.

Jika Anda tidak menyukai kedua cara tersebut, Anda dapat menggunakan aplikasi dari pihak ketiga. Berikut beberapa cara untuk memeriksa kesehatan baterai di Samsung A03 atau Galaxy A03s.

1. Cek Kesehatan Baterai dengan Samsung Members

Cek Kesehatan Baterai Lewat Samsung Members

Samsung Members adalah aplikasi komunitas yang kuat bagi pemilik smartphone Galaxy, sesuai dengan namanya. Bergabunglah dengan komunitas ini baik Anda yang memiliki smartphone flagship maupun Galaxy entry-level.

Untuk menggunakan Samsung Members, Anda memerlukan akun Samsung. Setelah masuk, Anda dapat menjelajahi komunitas dengan aman, bergabung dalam diskusi, mendapatkan diskon eksklusif, mencoba ROM beta jika tersedia, dan masih banyak lagi.

Samsung Members adalah komunitas yang dinamis bagi penggemar Samsung, selalu menyediakan hal-hal baru untuk ditemukan.

Berikut adalah langkah-langkah untuk memeriksa kesehatan baterai pada perangkat Samsung Galaxy:

  • Buka aplikasi Samsung Members. Jika belum diinstal, Anda dapat mengunduhnya dari Play Store atau Galaxy Store.
  • Ketuk "Bantuan" (Get Help) di bagian bawah layar.
  • Pilih "Perawatan Ponsel", lalu pilih "Pemeriksaan interaktif".
  • Pilih "Baterai" di pojok kiri atas layar.
  • Anda akan melihat informasi tentang daya baterai, daya tahan baterai, dan kapasitasnya.
  • Untuk mengetahui kesehatan baterai, perhatikan status "Masa Pakai: Bagus" atau "Good". Ini menunjukkan bahwa baterai Samsung Galaxy Anda masih dalam kondisi sehat.

2. Cek Kesehatan Baterai Samsung Melalui Pengaturan

Cek Kesehatan Baterai Lewat Pengaturan

Di menu pengaturan Samsung, Anda dapat memeriksa kesehatan baterai ponsel dengan mudah. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu Pengaturan pada perangkat Samsung Anda.
  • Pilih opsi "Perawatan perangkat" dan kemudian "Baterai".
  • Tunggu beberapa saat sampai proses pengecekan kesehatan baterai selesai.
  • Anda akan melihat keterangan "Baik" atau "Buruk".
  • Jika status baterai menunjukkan "Buruk", disarankan untuk segera mengganti dengan baterai baru.

Cara Melihat Masa Pakai Baterai Dengan Aplikasi AccuBattery

AccuBattery adalah salah satu aplikasi top untuk mempelajari lebih lanjut tentang baterai pada perangkat Android. Meskipun tidak menyediakan informasi sebanyak aplikasi khusus root, ini merupakan monitor kesehatan baterai terbaik untuk pengguna Android yang tidak melakukan rooting.

Setelah melakukan setup awal, Anda dapat menjelajahi tab AccuBattery, meskipun tab tersebut mungkin belum banyak berisi informasi. Karena sifat aplikasinya, Anda perlu membiarkannya terinstal dan menggunakan ponsel secara teratur selama beberapa waktu sebelum Anda mulai mendapatkan informasi yang signifikan.

Setelah beberapa kali pengisian daya, halaman 'Kesehatan' dalam aplikasi akan mulai menampilkan perkiraan kapasitas baterai saat ini. Selama proses pengisian daya, angka ini akan menjadi lebih akurat.

Untuk baterai baru yang baru digunakan, biasanya aplikasi akan menunjukkan kesehatan sekitar 95 persen. Sebagai hasilnya, saat mengevaluasi performa baterai pada saat itu, Anda harus mempertimbangkan margin ini. Kesehatan baterai di atas 80% umumnya dianggap baik, selama ponsel telah digunakan dengan baik. Jika kesehatan baterai turun ke angka 70-an dan terjadi penurunan kapasitas yang signifikan, pertimbangkan untuk mengganti baterai.

Cara Menjaga Kesehatan Baterai HP Samsung

Seperti yang diketahui, kesehatan baterai smartphone seperti Samsung Galaxy A03s dapat mempengaruhi kinerja perangkat dalam jangka panjang. Untuk menjaga baterai tetap optimal, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan:

1. Gunakan Kabel USB dan Pengisi Daya Original Samsung

Charger dan kabel USB bawaan yang disediakan oleh produsen smartphone, termasuk Samsung, telah dirancang untuk kompatibilitas yang optimal dengan teknologi baterai mereka. Menggunakan charger atau kabel USB non-asli bisa mengakibatkan kerusakan atau bahkan overheat pada baterai.

2. Hindari Penggunaan Ponsel Saat Sedang Mengisi Daya

Menggunakan ponsel saat pengisian daya dapat menyebabkan baterai menjadi panas lebih cepat, yang dapat merusak sel baterai dan mempersingkat umur pakainya. Disarankan untuk tidak menggunakan ponsel saat diisi daya dan menghindari mencabut pengisi daya sebelum baterai sepenuhnya terisi.

3. Perawatan Berkala 

Selain melakukan pencegahan di atas, perawatan rutin seperti memeriksa kesehatan baterai secara teratur melalui pengaturan perangkat, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, dapat membantu mengidentifikasi masalah baterai lebih awal sebelum menjadi lebih serius.

Demikianlah beberapa cara untuk memeriksa kesehatan baterai HP Samsung Galaxy A03s dan tips untuk menjaga kondisinya tetap baik. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda.

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.