Wajib Tau! Berikut Ini 4 Role Free Fire Beserta Penjelasannya

Role Free Fire

Layaknya game Battle Royale lainnya, di Free Fire, pemain dapat bermain dalam bentuk tim di mana setiap anggota tim memiliki peran atau Role tertentu. Setiap pemain dengan Role tersebut harus memiliki gaya bermain yang sesuai dengan peran mereka. Jika tidak, permainan tim bisa menjadi kacau dan mudah dikalahkan oleh musuh.

Dengan kombinasi beberapa Role di Free Fire, permainan dapat menjadi menarik dan kaya strategi jika setiap pemain memahami peran mereka dengan baik. Oleh karena itu, penting bagi pemain FF untuk memahami peran-peran yang ada di Free Fire.

Artikel ini akan membahas role yang ada di Free Fire beserta penjelasannya masing-masing. Role ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan yang ada di game Battle Royale lainnya seperti PUBG, dan sebagainya.

Berikut Ini 4 Role Free Fire Beserta Penjelasannya

Berikut adalah 4 Role yang ada di Free Fire beserta penjelasannya, yaitu Rusher, Shot Caller, Support, dan Flanker. Untuk penjelasan lebih detailnya, mari kita simak penjelasan masing-masing Role tersebut.

1. Rusher

Rusher adalah ujung tombak dalam tim Free Fire. Mereka bertugas untuk memporak-porandakan musuh dalam duel jarak dekat. Dengan menjadi sasaran utama di garis depan, mereka membuat musuh sibuk dengan mereka, memungkinkan anggota tim lain seperti Support atau Shooter untuk menembak dengan lebih leluasa karena musuh terfokus pada Rusher.

Karena fokusnya pada pertempuran jarak dekat, Rusher biasanya membawa senjata Shotgun seperti M1014, SG Putar, dan Spas. Meskipun jarang, setelah update terakhir pada akhir 2020, beberapa Rusher mulai menggunakan senjata Double Vektor yang dapat membunuh musuh dengan cepat.

Rusher memiliki peran sebagai Predator. Oleh karena itu, mereka seringkali menjadi MVP atau yang paling banyak membunuh dalam pertandingan. Peran ini mirip dengan Striker dalam sepak bola.

Namun, di balik kekuatannya, Rusher adalah peran yang paling rentan untuk mati lebih dulu. Menyerang musuh dalam pertarungan jarak dekat tidak selalu berjalan lancar.

Pemain yang mengambil peran Rusher harus memiliki kemampuan Aim yang baik dan tenang dalam menghadapi musuh dalam pertarungan jarak dekat, terutama jika musuhnya lebih dari satu. Peran Rusher sering menjadi favorit para pemain Free Fire yang haus akan kill.

2. Shooter / Shot Caller

Jika Rusher diibaratkan sebagai Striker, maka Shot Caller dapat diibaratkan sebagai Gelandang Tengah yang tahu kapan harus menyerang, bertahan, atau bahkan mundur. Peran ini sangat penting karena Shot Caller memberikan arahan kepada tim dan harus selalu berada dalam posisi yang aman agar tidak mati terlalu dini, yang dapat membuat tim kehilangan arahan.

Sebagai Shot Caller, seseorang harus memiliki kemampuan serba bisa. Jika Rusher mati terlalu dini, Shot Caller harus dapat mengambil alih peran sebagai ujung tombak tim. Seperti Rusher, senjata yang dibawa sebaiknya Shotgun dan Assault Rifle untuk memberikan cover kepada Rusher di depan.

Salah satu karakter yang cocok untuk pemain dengan peran ini adalah karakter Moco. Skill Moco memungkinkan pemain untuk menandai musuh yang terkena tembakan selama beberapa detik, memudahkan Rusher untuk mengetahui posisi musuh dan tanda-tanda bahwa musuh tersebut hampir mati.

3. Flanker

Flanker atau Scout adalah peran yang bertugas untuk mengintai posisi-posisi lawan. Mereka seringkali bergerak terpisah dari tim untuk mencari informasi tentang musuh. Jika berhasil, Flanker dapat membuat musuh panik karena diserang dari arah yang tidak terduga. Flanker dapat diibaratkan sebagai "Tukang Bokong".

Attachment yang cocok untuk digunakan oleh Flanker adalah Silencer atau Peredam Suara. Dengan menggunakan peredam suara, posisi Flanker tidak akan diketahui oleh musuh saat menembak, membuat musuh bingung dan menjadi sasaran mudah.

Flanker biasanya menggunakan senjata AR (Assault Rifle) atau Sniper karena sering berduel dalam jarak yang jauh.

4. Support

Role terakhir dalam Free Fire adalah Support. Salah satu contoh pemain yang terkenal adalah EVOS.SAM13, seorang pemain Esports dari klub EVOS yang dikenal sebagai pemain serba bisa. Perannya dalam tim adalah sebagai Support, dan karena keahliannya, ia sering menjadi MVP menggantikan EVOS.MR05 yang menjadi Rusher di timnya.

Seperti namanya, Support bertanggung jawab untuk memberikan cover kepada anggota tim lainnya, terutama Rusher yang berada di garis depan. Selain itu, pergerakan Support harus dinamis; jika tidak dapat memberikan cover kepada Rusher, maka Support harus membantu Rusher di garis depan seperti seorang Rusher.

Support biasanya merupakan peran yang tidak egois dalam tim. Mereka rela merelakan musuh yang mereka tembak untuk dibunuh oleh Rusher yang berada di depan.

Akhir Kata

Itulah empat peran di Free Fire yang telah dijelaskan di atas. Saat ini, sangat diperlukan pemain yang dapat bermain dalam semua peran, baik itu sebagai Rusher, Support, dan lainnya karena akan sangat bermanfaat saat sedang bertempur dengan musuh.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.